Soal & Kunci PAS Semester 2 Kelas 10 Biologi SMA 2021

Unduh Soal PAS Semester Genap Kelas 10 SMA Mapel Biologi Tahun 2021 - Sebelum menghadapi PAT Kelas X pada jenjang SMA yang sebenarnya, tentunya Adik-Adik kelas X perlu meningkatkan literasi agar pemahaman terhadap materi yang dipelajari bertambah luas.

Sebagai media penambah wawasan untuk Adik-Adik serta Bapak Ibu Guru mata pelajaran terhadap berbagai jenis-jenis penilaian, kali ini Bank Soal akan membagikan referensi Contoh Soal PAS Biologi Kelas X Semester 2 SMA Tahun 2021.




Soal & Kunci PAS Semester Genap Mapel Biologi Kelas X SMA Tahun 2021



1. Perhatikan susunan komponen dua ekosistem berikut:
A. Dalam suatu ekosistem kolam, terdapat beberapa komponen
1. Bakteri pengurai
2. Zat organik
3. Ikan herbivora
4. Fitoplankton
5. Ikan karnivora
A. Dalam suatu ekosistem sawah terdapat beberapa komponen
1. Ulat
2. Ular
3. Jagung
4. Elang
5. Katak
Dari beberapa komponen tersebut, dapat disusun suatu rantai makanan. Berdasarkan dari kedua rantai makanan diatas, dapat disimpulkan bahwa tingkatan energi yang terbesar terletak pada produsen. Benarkah pernyataan tersebut?
Jawab : Benar


2. Saat liburan di Pulau komodo Sinta belajar banyak hal disana mengenai adanya interaksi makhluk hidup pada pulau tersebut. Sinta waktu itu mengelilingi daerah Pulau Komodo dan bertemu dengan berbagai jenis satwa yang sebelumnya tidak pernah ditemui waktu di kota.
Dari pengamatan Sinta selama mengunjungi wilayah A, dia banyak menemukan beberapa rantai makanan sehingga dia tertarik untuk menelusuri hingga terbentuk suatu jaring-jaring makanan. Adapun jaring-jaring makanan yang ditemukan Sinta di wilayah A sebagai berikut :


Setelah Sinta dari wilayah A selesai, maka dia melanjutkan perjalanannya ke wilayah B di pulau Komodo tersebut. Sesampainya di wilayah B, Sinta bertemu lagi dengan aneka interaksi satwa yang berbeda dengan wilayah sebelumnya. Akhirnya Sinta berniatan untuk membandingkan jaring-jaring makanan yang ditemukannya. Adapun jaring-jaring makanan yang ditemui Sinta di wilayah B sebagai berikut :


Pasangan organisme yang menduduki tingkatan trofi II dalam aliran energi dari kedua rantai makanan tersebut adalah .... (Kamu dapat memilih jawaban lebih dari satu)
A. Zooplankton dan tupai
B. Udang dan katak
C. Fitoplankton dan gandum
D. Remis dan kecoak
E. Zooplankton dan srigala


3. Perhatikan gambar berikut!


Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap gejala efek rumah kaca yang mengakibatkan peningkatan suhu permukaan bumi (Global Warming) yang diperkirakan dapat mengakibatkan beberapa bencana alam.
Hal tersebut diakibatkan adanya gas CFC yang terlalu banyak dalam atmosfer sehingga lapisan ozon yang berguna untuk memantulkan kembali sinar UV matahari rusak dan berlubang cukup besar. Disamping itu permukaan bangunan-bangunan yang banyak menggunakan kaca sehingga dapat menimbulkan efek rumah kaca dan suhu menjadi naik dan tambah panas.
Dari hal tersebut dampaknya yang terjadi bukan hanya mengenai pemanasan global melainkan penyakit kanker kulit yang menyerang manusia akibat sinar UV tersebut.
Bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi gejala tersebut adalah...
Jawab : Menanam pohon/reboisasi, tidak menggunakan AC/pendingin, dan mengurangi pemakaian bahan bakar yang emisinya buruk


4. Dalam suatu ekosistem sawah dihuni oleh beberapa komponen yaitu padi, tikus, dan ular. Dalam interaksinya membentuk rantai makanan yang saling mempengaruhi satu sama lainnya. Pada tahun 2020 diketahui grafik pertumbuhan dari ekosistem sawah tersebut sebagai berikut :


Perubahan grafik tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam ekosistem, salah satunya adalah semakin banyak pemburuan liar hewan ular yang bisanya untuk dijadikan obat, dan kulitnya yang dijadikan sebagai bahan tekstil pembuatan tas, dompet dll. Sehingga garis grafik pertumbuhan ular semakin turun dan bila tidak ada tindakan sampai beberapa tahun kemudian tingkat kehidupan ular akan semakin kecil dan akhirnya punah.
Berdasarkan grafik pertumbuhan komponen ekosistem sawah diatas, tentukan kebenaran pernyataan berikut!

PERNYATAAN
a. Jumlah padi semakin tahun semakin naik sehingga tidak berpengaruh dengan komponen ekosistem lainnya.
b. Dengan berkurangnya jumlah populasi ular, mengakibatkan pertumbuhan populasi tikus semakin meningkat.
c. Pertumbuhan jumlah populasi ular yang semakin menurun akan berdampak dengan pertumbuhan populasi padi di sawah.
d. Populasi tikus pernah mengalami penurunan jumlahnya, hal tersebut tidak ada pengaruhnya dari naiknya jumlah populasi ular.
Jawab : Salah, Benar, Benar, Salah


5. Perhatikan gambar hewan berikut :


Pada hewan mamalia mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Memiliki kelenjar susu
2. Berkembang biak dengan vivipar
3. Memiliki 4 ruang jantung sempurna
Berdasarkan ciri-ciri mamalia tersebut dapat diketahui pada gambar mana hewan yang termasuk mamalia...
A. Kambing
B. Kadal
C. Kelinci
D. Burung
E. Ikan


6. Perhatikan gambar berikut!


Budi melakukan pengamatan di suatu ekosistem hutan, dia mendapatkan hasil pengamatan seperti gambar tersebut. Pada hasil pengamatan Budi dapat dikelompokkan hewan-hewan tersebut berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya dengan kunci determinasi. Pada gambar tersebut terdapat hewan ular dan kadal yang masuk dalam satu filum yaitu reptilia. Apa ciri-ciri reptilia yang tepat dalam pengelompokan hewan tersebut...
A. Punya 4 ruang jantung sempurna
B. Punya 4 ruang jantung tidak sempurna
C. Tubuhnya bersisik
D. Tubuhnya berambut
E. Berkembangbiak dengan ovovivipar


7. Pada rambut manusia seringkali kita mendengar adanya hewan berupa parasit atau merugikan yang hidup disana yang dikenal dengan nama kutu rambut. Hewan ini berkembangbiak dengan cara ovipar dan sangat banyak. Sehingga spesiesnya hampir bisa dipastikan tidak mudah punah. Karena tingkat perkembangbiakannya tinggi. Kutu termasuk hewan yang masuk dalam filum avetebrata kelas insekta. Benarkah pernyataan tersebut...
Jawab : Benar


8. Perhatikan gambar berikut :


Dalam pembagian klasifikasi hewan harus disesuaikan dengan ciri-ciri yang dimilikinya agar lebih mudah dikenali dan dipelajari. Masing-masing filum mempunya ciri-ciri yang beranekaragam dan banyak sekali. Semakin banyak kemiripan ciri-ciri yang dimiliki hewan tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin dekat tingkat kekerabatannya dan bisa dimasukkan ke dalam kelas yang sama.
Perhatikan tabel berikut ini! Manakah yang sesuai dengan pernyataan ciri-ciri hewan diatas...
PERNYATAAN
a. Hewan kelinci merupakan mamalia karena memiliki kelenjar susu.
b. Hewan ikan termasuk jenis kelas pisces karena memiliki ciri hanya terdiri dari 3 ruang jantung.
c. Hewan burung memliki pundi-pundi udara saat bernapas dan termasuk hewan poikiloterm.
d. Hewan katak memiliki 3 ruang jantung yang belum sempurna dan termasuk hewan poikiloterm.
Jawab : Benar, Salah, Salah, Benar


9. Perhatikan gambar berikut :


Berdasarkan gambar tersebut dapat diketahui kutu termasuk hewan yang merugikan bagi manusia maupun hewan. Karena bisa menyebabkan kulit rambut menjadi gatal-gatal. Kutu termasuk hewan dalam filum avertebrata / hewan yang tidak mempunyai tulang belakang.
Berdasarkan gambar tersebut perhatikan manakah pernyataan yang sesuai dibawah ini...
PERNYATAAN
a. Kutu termasuk dalam kelas insecta.
b. Cara berkembangbiak pada kutu dengan cara ovipar
c. Pada sistem pencernaan kutu sudah termasuk sempurna.
Jawab : Benar, Benar, Salah


10 .Perhatikan gambar berikut!


Jaring-jaring makanan tersusun atas beberapa rantai makanan. Pada gambar tersebut dapat diketahui jaring-jaring makan pada ekosistem laut. Pada jaring-jaring makanan tersebut akan terbentuk aliran energi atau yang dikenal dengan taraf trofi. Energi yang tersebut dihasilkan dari proses makan dan dimakan antar jenis makhluk hidup.
Berdasarkan gambar tersebut, manakah pernyataan yang benar...
PERNYATAAN
a. Tingkatan energi yang terbesar adalah pada burung camar.
b. Tingkatan energi yang terkecil adalah pada burung camar.
c. Plankton termasuk tingkat trofi 1.
d. Ikan tuna termasuk tingkat trofi 2.
Jawab : Salah, Benar, Benar, Salah


Bagi Adik-Adik atau Bapak Ibu yang memerlukan contoh soal diatas dan soal lainnya secara lengkap dapat di Unduh Soal & Kunci PAS Semester 2 Kelas 10 Biologi SMA 2021 pada tautan berikut.




Demikian informasi tentang Soal & Kunci PAS Semester 2 Kelas 10 Biologi SMA 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi seputar informasi terbaru dari Bank Soal.

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci PAS Semester 2 Kelas 10 Biologi SMA 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel