Soal dan Jawaban PKK Peluang Usaha Kelas XII SMK 2021

Soal & Jawaban PKK Peluang Usaha Kelas XII SMK Tahun Pelajaran 2021/2022 - Setiap selesai mempelajari satu kompetensi dasar, siswa diuji melalui beragam bentuk soal evaluasi untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.

Untuk membantu adik-adik kelas XII SMK dalam belajar, Bank Soal menyediakan Kumpulan Soal & Jawaban PKK Peluang Usaha Kelas XII SMK Semester Gasal Tahun 2021/2022.





Soal & Jawaban PKK Tentang Peluang Usaha



1.  Kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki dinamakan...
A. Resiko 
B. Usaha
C. Peluang
D. Peluang usaha
E. Keberhasilan usaha

2. Seorang wirausahawan harus memiliki strategi yang tepat dalam menangkap peluang usaha. Strategi menangkap peluang usaha dengan cara membuka usaha baru yang tidak ada kaitannya dengan usaha yang sudah ada sebelumnya disebut...
A. Menambah kapasitas
B. Kapasitas produksi
C. Peluang usaha 
D. Integrasi vertikal
E. Memasuki bisnis baru

3. Modal awal bagi seorang wirausahawan untuk mengenali lingkungan, melihat peluang usaha dan mencapai kesuksesan dalam usaha adalah...
A. keuntungan
B. keberuntungan
C. perencanaan
D. manusia
E. modal

4. Terdapat berbagai macam bidang usaha yang dapat dijalankan. Usaha yang dilakukan dengan membuka usaha rekam video untuk dokumentasi merupakan peluang usaha di bidang...
A. jasa 
B. keuangan
C. manajemen
D. produksi
E. kontraktor

5. Seorang wirausahawan harus berfikir secara positif dan kreatif untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis , diantaranya kecuali…
A. Harus percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilakukan
B. Tidak perlu mendengarkan saran-saran orang lain
C. Harus bertanya pada diri sendiri
D. Harus menerima gagasan baru dalam dunia usaha atau bisnis
E. Harus mendengarkan saran-saran orang lain

6. Era Revolusi Industri 4.0 telah memicu berbagai negara menerapkan sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakan ekonomi yang disebut....
A. revolusi bisnis 
B. industri kreatif 
C. ekonomi rakyat
D. ekonomi kreatif
E. ekonomi pembangunan

7. Ekonomi kreatif membutuhkan keberadaan industri kreatif sebagai kegiatan ekonomi yang menjadi kreativitas sumber daya manusia sebagai aset utama diharapkan mampu menciptakan....
A. manajemen sumber daya manusia
B. lapangan kerja
C. iklim industri yang sehat
D. keuntungan usaha
E. nilai tambah ekonomi

8. Terdapat enam belas subsektor industri kreatif. Perhatikan ciri-ciri subsektor kreatif berikut : (1) Mempelajari konsep komunikasi dengan memanfaatkan elemen visual sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu. (2). Berhubungan dengan desain yang mengarah pada kebutuhan komunikasi. (3) Salah satu contohnya adalah desain grafis. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, subsektor yang dimaksud adalah....
A. arsitektur
B. desain interior
C. periklanan
D. seni rupa
E. desain komunikasi visual

9. Desain interior adalah ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni di dalam suatu bangunan. Salah satu hal yang masih perlu mendapat perhatian dalam subsektor desain interior adalah....
A. kebebasan pembuat desain interior untuk menciptakan karya tanpa batasan
B. kebebasan pembuat desain interior menggunakan karya sesama desainer tanpa proses adaptasi
C. kemudahan dalam pembuatan sertifikasi yang sesuai dengan standardisasi
D. regulasi tentang tarif dasar jasa pembuatan desain interior
E. regulasi terkait pajak dari penghasilan jasa desain interior

10. Subsektor ekonomi kreatif yang memiliki peranan penting dari sisi kebudayaan dan pembangunan, yang bergerak aktif di bidang seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengimajinasikan diri dan ilmu mereka dalam merancang bangunan adalah....
A. arsitektur
B. desain interior
C. seni rupa
D. musik
E. periklanan

11. Desain interior adalah ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni di dalam suatu bangunan. Contoh perancangan desain interior yang bersifat mikro adalah....
A. perencanaan denah existing bangunan
B. perencanaan teknis presentasi
C. pembuatan landscape interior
D. desain hiasan pesta pernikahan
E. desain interior ruang untuk acara ulang tahun

12. Dalam perencanaan produk kreatif, salah satu hal yang harus dipersiapkan ketika merencanakan deskripsi produk adalah....
A. menggambarkan secara detail terkait komposisi, bentuk, tampilan dan ukuran
B. membuat desain logo dan kemasan yang menarik
C. menentukan bahan yang akan digunakan untuk kemasan
D. menentukan harga yang pas untuk memperoleh margin keuntungan yang tinggi
E. menambahkan konsep penjualan dengan penggunaan internet of data

13. Merencanakan bahan yang akan digunakan untuk produksi dalam jenis, ukuran, merek dagang dan komposisi penggunaan merupakan langkah dalam mempersiapkan....
A. layout
B. supplier
C. bahan baku
D. deskripsi produk
E. alat dan fasilitas

14. Berikut yang bukan peluang usaha dalam subsektor film, animasi dan video adalah....
A. production house
B. perusahaan film pendek
C. jasa pembuatan konten video youtube
D. jasa pembuatan animasi untuk promosi
E. jasa perancangan setting untuk program TV

15. Terdapat enam belas subsektor industri kreatif. Subsektor di mana terdapat industri yang berkonsentrasi untuk memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik adalah subsektor....
A. desain komunikasi visual
B. penerbitan
C. kebudayaan
D. seni rupa
E. kearsipan

16. Langkah selanjutnya setelah membuat perencanaan usaha adalah membuat rencana aksi. Pentingnya membuat rencana aksi dalam perencanaan usaha adalah....
A. memperkirakan laba yang akan diperoleh
B. menentukan modal yang harus disiapkan untuk memulai usaha
C. memperjelas konsep usaha yang telah dibuat
D. mengetahui kisaran waktu yang dibutuhkan untuk memproses rancangan usaha yang telah dibuat
E. mengetahui langkah yang dilakukan setelah pembuatan rencana usaha beserta jadwal waktu yang ditetapkan

17. Pada tahap persiapan produk/ jasa dilakukan finalisasi produk dan penentuan komposisi bahan baku. Tujuan perlunya melakukan finalisasi produk pada rencana aksi adalah....
A. mendapatkan prototipe akhir
B. mengetahui kekurangan produk/jasa
C. mendapatkan desain logo yang tepat
D. mendapatkan supplier yang berkualitas
E. memperoleh total penghitungan kebutuhan

18. Terdapat 4 tahapan dalam action plan. Berikut yang bukan merupakan hal yang harus dilakukan dalam tahap pertama action plan adalah....
A. uji coba pembuatan produk/jasa
B. evaluasi produk
C. melakukan revisi/perbaikan
D. merencanakan pemasaran
E. finalisasi produk dan penentuan komposisi bahan baku

19. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam action plan tahap kedua. Salah satu hal yang harus dilakukan dalam action plan tahap kedua adalah....
A. Mendapatkan lokasi penjualan
B. membuat contoh kemasan
C. menghitung kebutuhan modal
D. menghitung harga pokok produk
E. merencanakan pemasaran

20. Menghitung total biaya bahan baku yang dibutuhkan untuk setiap produksi, kemudian dibagi dengan hasil produksinya merupakan salah satu langkah dalam action plan yang dilakukan pada tahap....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima


Demikian informasi tentang Soal dan Jawaban PKK Peluang Usaha Kelas XII SMK 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Jawaban PKK Peluang Usaha Kelas XII SMK 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel