Soal & Kunci PH Kelas 2 Tema 2 Subtema 4 Semester 1 2021
Unduh Soal & Jawaban Penilaian Harian Kelas 2 SD Tema 2 Subtema 4 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Penilaian harian dilakukan oleh guru setelah menyelesaikan materi pembelajaran dalam satu kompetensi dasar. Fungsi dari Penilaian Harian adalah untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.
Setelah guru mengetahui kompetensi pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik, guru dapat memberikan materi pembelajaran pada kompetensi dasar berikutnya. Tetapi jika ada peserta didik yang belum memenuhi standar pengetahuan yang telah ditentukan, maka guru dapat menindaklanjutinya dengan memberikan remedial.
Program remedial dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya:
1. Memberikan soal Penilaian Harian kembali
2. Tanya jawab atau diskusi
Untuk membantu adik-adik kelas 2 SD dalam belajar Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban, Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 2 Tema 2 Subtema 4 Semester Gasal.
Download Soal & Kunci Penilaian Harian Kelas 2
1. Tindakan yang sesuai aturan di tempat wisata yaitu ....
Jawaban : c
Pembahasan : Sudah jelas.
2. Ale naik perahu saat berwisata. Benda yang harus dikenakan Ale adalah ....
a. jaket torso
b. jaket pelampung
c. jaket kulit
Jawaban : b
Pembahasan : Jaket pelampung dipakai saat naik perahu untuk menjaga keselamatan kita.
3. Perhatikan gambar berikut!
Benda pada gambar tersebut digunakan untuk ....
a. menaiki sepeda motor
b. menunggangi gajah
c. menunggangi kuda
Jawaban : c
Pembahasan : Gambar tersebut adalah alas pelana dan pijakan yang digunakan untuk menunggangi kuda.
4. Benda-benda berikut yang bentuknya selalu mengikuti tempatnya adalah ....
a. ember
b. perosotan
c. sampo
Jawaban : c
Pembahasan : Sampo merupakan benda cair sehingga bentuk sampo akan mengikuti bentuk tempatnya.
5. Ale mempunyai 80 ekor ikan dan beberapa akuarium. Ale akan mengisi setiap akuarium dengan 20 ekor ikan. Jumlah akuarium yang dibutuhkan Ale ada ....
a. 4 buah
b. 60 buah
c. 100 buah
Jawaban : a
Pembahasan : 80 : 20 = 4. Jadi, jumlah akuarium yang dibutuhkan Ale ada 4 buah.
6. 76 : 19 = ....
a. 95
b. 57
c. 4
Jawaban : c
Pembahasan : 76 : 19 = ....
Dapat dirubah dalam bentuk pengurangan berulang:
76 - 19 - 19 - 19 - 19 = 0.
Terdapat pengurangan berulang oleh 19 sebanyak 4 kali.
Jadi, hasil dari 76 : 19 = 4.
7. Perhatikan gambar berikut!
Ale bermain domba dan serigala seperti pada gambar tersebut. Peran domba dalam permainan adalah ....
a. mengejar dan menangkap serigala
b. berlari menghindari serigala
c. menghalangi serigala saat berlari
Jawaban : b
Pembahasan : Permainan domba dan serigala dilakukan dengan serigala sebagai pemangsa yang bertugas mengejar domba. Sedangkan domba harus berlari menghindari serigala. Domba harus berusaha agar tidak tertangkap oleh serigala.
8. Perhatikan gambar berikut!
Gerakan pada gambar tersebut adalah gerakan ....
a. membungkuk
b. setengah jongkok
c. Jongkok
Jawaban : b
Pembahasan : Gerakan setengah jongkok dilakukan dengan berdiri sambil menekuk lutut sampai posisi paha miring. Posisi badan sedikit condong ke depan dan pandangan mata ke arah depan.
9. Bahan alam untuk berkarya berikut yang mudah dijumpai di sekitar kita adalah .....
a. biji-bijian dan dedaunan
b. biji-bijian dan manik-manik
c. manik-manik dan plastisin
Jawaban : a
Pembahasan : Biji-bijian dan dedaunan merupakan contoh bahan alam yang mudah dijumpai di sekitar kita.
10. Saat membuat karya seni, kita membutuhkan lem. Lem berguna untuk ... bahan agar menyatu dengan kuat.
a. merekatkan
b. mengecilkan
c. memotong
Jawaban : a
Pembahasan : Lem merupakan salah satu perekat yang berguna untuk merekatkan bahan-bahan agar menyatu dengan kuat. Sehingga menjadi karya seni yang indah.
Soal Isian
11. Aturan yang ada di tempat wisata harus ditaati oleh ....
Jawaban : semua pengunjung tempat wisata
Pembahasan : Aturan di tempat wisata ditujukan untuk para pengunjung demi keselamatan dan kenyamanan pengunjung.
12. Perhatikan gambar berikut!
Dalam menunggangi kuda, benda tersebut berfungsi sebagai ....
Jawaban : pijakan
Pembahasan : Benda tersebut berfungsi sebagai pijakan ketika kita akan menaiki kuda.
13. ... : 5 = 14.
Jawaban : 70
Pembahasan : .... : 5 = 14.
Kita pindah ruas, pembagi bernilai 5 ke ruas kanan. Jika pembagi dipindah ruas, akan berubah posisi menjadi pengali.
Sehingga berlaku, sebagai berikut.
... = 14 x 5
... = 70
Jadi, bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah 70.
14. Perhatikan gambar berikut!
Pada gambar tersebut, Made jongkok dengan kedua tangan memegang di ....
Jawaban : pinggang
Pembahasan : Gerakan jongkok pada gambar dilakukan dengan kedua tangan memegang pinggang.
15. Perhatikan gambar berikut!
Karya seni pada gambar di atas dibuat dari bahan alam ....
Jawaban : kerang
Pembahasan : Sudah jelas.
Download Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 2
PILIHAN GANDA
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- 3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah (soal nomor 1 s/d 2).
Bahasa Indonesia
- 3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan (soal nomor 3 s/d 4).
Matematika
- 3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian (soal nomor 5 s/d 6).
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
- 3.2 Memahami prosedur gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (soal nomor 7 s/d 8).
Seni Budaya dan Prakarya
- 3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya (soal nomor 9 s/d 10).
ISIAN
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- 3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah (soal nomor 11).
Bahasa Indonesia
- 3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan (soal nomor 12).
Matematika
- 3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian (soal nomor 13).
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
- 3.2 Memahami prosedur gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (soal nomor 14).
Seni Budaya dan Prakarya
- 3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya (soal nomor 15).
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Contoh Soal Penilaian Harian Kelas 2 SD Tema 2, silahkan klik tautan berikut :
Atau klik di sini.
Trimakasih, ijin download
BalasHapus