Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Semester 1 2021

Unduh Soal & Jawaban Penilaian Harian Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Penilaian harian dilakukan oleh guru setelah menyelesaikan materi pembelajaran dalam satu kompetensi dasar. Fungsi dari Penilaian Harian adalah untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.

Setelah guru mengetahui kompetensi pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik, guru dapat memberikan materi pembelajaran pada kompetensi dasar berikutnya. Tetapi jika ada peserta didik yang belum memenuhi standar pengetahuan yang telah ditentukan, maka guru dapat menindaklanjutinya dengan memberikan remedial. 

Program remedial dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya: 
1. Memberikan soal Penilaian Harian kembali
2. Tanya jawab atau diskusi

Untuk membantu adik-adik kelas 4 SD dalam belajar, Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban, Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Semester Gasal.




Download Soal & Kunci Penilaian Harian Kelas 4 



1. Berikut ini termasuk sikap ramah lingkungan, kecuali .... 
a. menggunakan energi alternatif, misalnya tenaga surya
b. membangun rumah yang memaksimalkan penerangan alami
c. mendaur ulang barang-barang bekas seperti plastik, besi, dan kaca
d. menebangi pohon-pohon di sekitar rumah
Jawaban : d
Pembahasan : Menebangi pohon-pohon di sekitar rumah termasuk sikap yang kurang ramah lingkungan. Menebangi pohon akan menyebabkan udara menjadi semakin panas.
 
2. Perilaku berikut yang termasuk menghemat energi adalah .... 
a. menyalakan lampu dan televisi saat tidur
b. menyalakan kipas angin dan radio saat tidur
c. meninggalkan rumah dengan semua lampu menyala
d. menyalakan satu lampu kecil saat tidur
Jawaban : d
Pembahasan : Menyalakan satu lampu kecil saat tidur akan menghemat penggunaan energi listrik pada malam hari.
 
3. Kekurangan energi disebabkan dari kebiasaan ... dalam menggunakan energi. 
a. boros
b. hemat
c. bijak
d. irit
Jawaban : a
Pembahasan : Kebiasaan boros dalam menggunakan energi akan menyebabkan kekurangan energi di masa depan.
 
4. Setelah membaca teks bacaan, kita bisa menuliskan petunjuk berdasarkan .... 
a. isi bacaan
b. pesan bacaan
c. langkah-langkah percobaan
d. alat dan bahan
Jawaban : a
Pembahasan : Menulis teks petunjuk berdasarkan teks bacaan bisa kita lakukan dengan membaca teks bacaan, menemukan informasi dari teks bacaan, kemudian menuliskan panduan/petunjuk berdasarkan isi teks bacaan.
 
5. Rice cooker menggunakan energi listrik. Sebelum menggunakan rice cooker kita seharusnya memperhatikan petunjuk penggunaannya.
(1) Tekan tombol on atau power.
(2) Pasang steker/colokan pada stop kontak.
(3) Angkat nasi setelah 30 menit.
(4) Pastikan tegangan rice cooker sama dengan tegangan listrik di rumah.
(5) Masukkan beras yang telah dicuci ditambah air secukupnya.
Urutan penggunaan rice cooker yang tepat adalah .... 
a. (4) – (2) – (5) – (1) – (3)
b. (2) – (4) – (1) – (5) – (3)
c. (5) – (4) – (2) – (1) – (3)
d. (4) – (2) – (1) – (5) – (3)
Jawaban : c
Pembahasan : Urutan penggunaan rice cooker yang tepat adalah (5) – (4) – (2) – (1) – (3).
(5) Masukkan beras yang telah dicuci ditambah air secukupnya.
(4) Pastikan tegangan rice cooker sama dengan tegangan listrik di rumah.
(2) Pasang steker/colokan pada stop kontak.
(1) Tekan tombol on atau power.
(3) Angkat nasi setelah 30 menit.
 
6. Sebelum menulis teks petunjuk berdasarkan percobaan, kita terlebih dahulu menentukan informasi dari .... 
a. percobaan yang dilakukan
b. alat yang digunakan
c. kelompok percobaan
d. bahan yang diperlukan
Jawaban : a
Pembahasan : Sebelum menuliskan instruksi atau panduan sesuai urutan langkah-langkah percobaan, kita terlebih dahulu menentukan informasi dari percobaan yang dilakukan.
 
7. Energi alternatif memberi keuntungan bagi manusia karena .... 
a. memerlukan biaya yang besar
b. penggunaannya memerlukan prosedur tertentu
c. terpeliharanya lingkungan sekitar
d. memerlukan tenaga yang lebih besar
Jawaban : c
Pembahasan : keuntungan menggunakan energi alternatif adalah terpeliharanya lingkungan sekitar. Dengan penggunaan energi alternatif mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah dari minyak bumi, batu bara atau gas bumi.
 
8. Sebagian besar energi alternatif yang ada di bumi digunakan sebagai sumber energi .... 
a. gerak
b. panas
c. cahaya
d. listrik
Jawaban : d
Pembahasan : Energi listrik merupakan sebagian besar dari energi alternatif yang ada di bumi. 
 
9. Langkah pertama yang kita lakukan saat membuat baterai buah adalah .... 
a. memperhatikan nyala lampu LED dan menulis hasil pengamatan
b. memotong jeruk nipis, apel, dan kentang menjadi dua bagian
c. menancapkan koin logam dan paku pada setiap potongan jeruk nipis, apel, dan kentang
d. menghubungkan dua ujung kabel penjepit buaya pada lampu LED
Jawaban : b
Pembahasan : Langkah yang kita lakukan saat membuat baterai buah yaitu:
1. Memotong buah jeruk, apel dan kentang.
2. Menancapkan koin logam pada salah satu sisi jeruk nipis, apel dan kentang yang sudah dipotong.
3. Menancapkan paku pada salah satu sisi yang lain dari jeruk nipis, apel dan kentang.
4. Menghubungkan penjepit buaya pada salah satu koin yang tertancap di buah.
5. Melilitkan penjepit buaya yang terhubung dengan paku yang tertancap di buah dengan bola lampu. 
6. Melilitkan penjepit buaya yang terhubung dengan logam yang tertancap pada buah dengan bola lampu.
7. Memerhatikan nyala lampu LED dan menulis hasil pengamatan.
 
10. Bagian tanaman jarak yang menghasilkan minyak adalah .... 
a. akar
b. daun
c. biji
d. buah
Jawaban : c
Pembahasan : Bagian tanaman jarak yang menghasilkan minyak adalah biji.

11. Makanan pada gambar berikut ini berbahan dasar .... 
a. singkong
b. tepung terigu
c. beras ketan
d. sagu
Jawaban : a
Pembahasan : Nama makanan pada gambar di samping adalah getuk. Getuk adalah makanan yang berbahan dasar singkong.
 
12. Umbi singkong dapat diolah menjadi tepung .... 
a. maizena
b. tapioka
c. beras
d. terigu
Jawaban : b
Pembahasan : Nama lain dari tepung singkong adalah tepung tapioka atau tepung kanji.
 
13. Lagu yang ceria dapat membuat kita .... 
a. mengantuk
b. sedih
c. bersemangat
d. terharu
Jawaban : c
Pembahasan : Lagu yang dinyanyikan dengan nada ceria tentu dapat membuat kita bersemangat. Sebaliknya, lagu yang sedih akan membuat kita ikut sedih dan terharu.
 
14. Lagu Kring-Kring Ada Sepeda memiliki tempo .... 
a. cepat
b. lambat
c. sedang
d. agak lambat
Jawaban : c
Pembahasan : Lagu Kring-Kring Ada Sepeda memiliki tempo sedang.
 
15. Lagu bertempo sedang sebaiknya kita nyanyikan dengan kecepatan .... 
a. lambat
b. sedang
c. cepat
d. pelan
Jawaban : b
Pembahasan : Lagu bertempo sedang sebaiknya kita nyanyikan dengan kecepatan sedang pula.


Soal Isian 
16. Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah .... 
Jawaban : menjaga kelestarian lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan
Pembahasan : Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga kebersihan lingkungan.
 
17. Orang yang bertanggung jawab akan ... penggunaan energi. 
Jawaban : menghemat
Pembahasan : Orang yang bertanggung jawab akan menghemat penggunaan energi.
 
18. Tujuan membuat kerangka poster adalah .... 
Jawaban : membantu isi poster tidak keluar dari topik
Pembahasan : Tujuan membuat kerangka poster adalah membantu isi poster tidak keluar dari topik yang telah ditentukan.
 
19. Kosakata yang kita gunakan untuk menuliskan teks petunjuk adalah .... 
Jawaban : kosakata baku
Pembahasan : Saat menulis teks petunjuk, kita menggunakan kosakata baku.
 
20. Kutub negatif pada rangkaian baterai buah terletak di bagian .... 
Jawaban : paku
Pembahasan : Paku terbuat dari besi yang dapat berfungsi sebagai kutub negatif.
 
21. Sel surya dapat mengubah energi matahari menjadi energi .... 
Jawaban : listrik
Pembahasan : Sel surya dapat mengumpulkan energi cahaya dari matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. 
 
22. Salah satu pemanfaatan sumber daya alam adalah sebagai energi .... 
Jawaban : alternatif
Pembahasan : Salah satu pemanfaatan sumber daya alam adalah sebagai energi alternatif.
 
23. Ketela pohon dan ubi kayu adalah nama lain dari .... 
Jawaban : singkong
Pembahasan : Ketela pohon dan ubi kayu adalah nama lain dari singkong.
 
24. Lagu Kring-kring Ada Sepeda dinyanyikan ekspresi wajah .... 
Jawaban : ceria dan bersemangat
Pembahasan : Lagu Kring-kring Ada Sepeda dinyanyikan ekspresi wajah ceria dan bersemangat. Sebab lagu ini bernuansa gembira.
 
25. Tempo lagu Kring-Kring Ada Sepeda adalah .... 
Jawaban : sedang
Pembahasan : Tempo lagu Kring-Kring Ada Sepeda adalah sedang.


Download Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 4


PILIHAN GANDA
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
  • 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 1 a/d 3)
Bahasa Indonesia 
  • 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda (soal nomor 4 a/d 6)
Ilmu Pengetahuan Alam 
  • 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 7 a/d 9)
Ilmu Pengetahuan Sosial 
  • 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi (soal nomor 10 a/d 12)
Seni Budaya dan Prakarya 
  • 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada (soal nomor 13 a/d 15)

ISIAN
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
  • 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 15 a/d 17)
Bahasa Indonesia 
  • 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda (soal nomor 18 a/d 19)
Ilmu Pengetahuan Alam 
  • 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari (soal nomor 20 a/d 21)
Ilmu Pengetahuan Sosial 
  • 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi (soal nomor 22 a/d 23)
Seni Budaya dan Prakarya 
  • 3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada (soal nomor 24 a/d 25)


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Contoh Soal Penilaian Harian Kelas 4 SD Tema 2, silahkan klik tautan berikut :


Demikian informasi tentang Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci PH Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Semester 1 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel