Soal & Kunci PH Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester 1 2021

Unduh Soal & Jawaban Penilaian Harian Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Penilaian harian dilakukan oleh guru setelah menyelesaikan materi pembelajaran dalam satu kompetensi dasar. Fungsi dari Penilaian Harian adalah untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.

Setelah guru mengetahui kompetensi pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik, guru dapat memberikan materi pembelajaran pada kompetensi dasar berikutnya. Tetapi jika ada peserta didik yang belum memenuhi standar pengetahuan yang telah ditentukan, maka guru dapat menindaklanjutinya dengan memberikan remedial. 

Program remedial dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya: 
1. Memberikan soal Penilaian Harian kembali
2. Tanya jawab atau diskusi

Untuk membantu adik-adik kelas 6 SD dalam belajar, Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban, Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester Gasal.



Download Soal & Kunci Penilaian Harian Kelas 6 


1. Dondo senang menggunakan produk Indonesia karena memberi dampak positif berikut, kecuali .... 
a. pengurangan tenaga kerja semakin banyak
b. produksi barang dalam negeri akan semakin meningkat
c. kualitas produk Indonesia menjadi semakin baik
d. perekonomian Indonesia akan semakin menguat
Jawaban : a
Pembahasan : Semakin banyak barang/produk lokal diproduksi, akan semakin banyak tenaga kerja yang diserap.
 
2. Berikut ini sikap yang sebaiknya dilakukan masyarakat dalam menghadapi globalisasi, kecuali .... 
a. mencintai buah lokal
b. selalu membeli tas impor
c. berbelanja di pasar tradisional
d. menggunakan produk dalam negeri
Jawaban : b
Pembahasan : Jika kita terus membeli tas dari luar negeri, tas dengan merk-merk lokal akan sulit maju dan berkembang.
 
3. Berikut ini tujuan dari gerakan “Cinta Indonesia”, kecuali .... 
a. menghadapi tantangan krisis ekonomi global
b. meningkatkan jumlah impor produk ke Indonesia
c. meningkatkan citra Indonesia di mata internasional
d. membangun kemandirian bangsa di bidang ekonomi
Jawaban : b
 
Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks eksplanasi berikut! 
Kondisi tersebut mendorong UI meluncurkan program Akademi Energi Surya. Akademi Energi Surya didirikan sebagai wujud nyata kepedulian UI terhadap permasalahan krisis energi. Dengan adanya akademi tersebut, diharapkan krisis energi dapat sedikit demi sedikit teratasi dengan energi surya. Energi surya diharapkan mampu mengganti bahan bakar fosil. Energi surya menjadi energi alternatif yang bersih, tidak menimbulkan polusi, aman, dan persediaan tidak terbatas.

4. Sesuai struktur teks eksplanasi, paragraf tersebut merupakan bagian .... 
a. pembuka
b. interpretasi
c. penjelasan
d. pernyataan umum
Jawaban : b
Pembahasan : Paragraf tersebut merupakan bagian penutup atau interpretasi karena berisi kesimpulan atau pendapat penulis.

5. Informasi penting paragraf pada teks eksplanasi tersebut adalah .... 
a. energi surya diharapkan dapat mengatasi krisis energi
b. pemanfaatan bahan bakar fosil
c. pengoptimalan tenaga surya
d. peran serta Akademi Energi Surya
Jawaban : a
Pembahasan : Paragraf pada teks eksplanasi tersebut berisi informasi tentang energi surya yang diharapkan dapat mengatasi krisis energi.

6. Sesuai struktur teks eksplanasi, paragraf tersebut merupakan bagian .... 
a. pembuka
b. interpretasi
c. penjelasan
d. pernyataan umum
Jawaban : b
Pembahasan : Paragraf tersebut merupakan bagian penutup atau interpretasi karena berisi kesimpulan atau pendapat penulis.
 
7. Rangkaian listrik sederhana dari buah-buahan dapat bertahan selama .... 
a. 1 hari
b. 1 minggu
c. 2 bulan
d. 3 minggu
Jawaban : a
Pembahasan : Buah-buah yang digunakan dalam rangkaian listrik sederhana mudah membusuk sehingga hanya bertahan selama 1 hari.

8. Eko membuat rangkaian listrik yang terdiri dari jeruk nipis, kabel, koin logam, paku, dan penjepit buaya. Paku dalam rangkaian tersebut berfungsi sebagai .... 
a. kutub positif
b. kutub negatif
c. sumber energi
d. penghantar arus
Jawaban : b
 
9. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui yang digunakan sebagai sarana untuk memproduksi energi listrik seperti .... 
a. batubara dan udara
b. air dan matahari
c. minyak bumi dan angin
d. batu bara dan minyak bumi
Jawaban : d
 
10. Terjadinya globalisasi dapat mengakibatkan berbagai warisan budaya nusantara seperti bahasa daerah, kesenian daerah, dan upacara adat menjadi semakin .... 
a. dicari
b. ditinggalkan
c. diperhatikan
d. Dikembangkan
Jawaban : b

11. Bangga menggunakan produk dalam negeri merupakan ciri .... 
a. cinta tanah air
b. benci dengan tanah air
c. tidak mencintai tanah air
d. tidak suka dengan tanah air
Jawaban : a
 
12. Tidak semua budaya asing membawa dampak negatif, salah satunya adalah .... 
a. ateisme
b. kerja keras
c. individualisme
d. pergaulan bebas
Jawaban : b

13. Yang tidak termasuk ciri utama poster adalah .... 
a. menarik perhatian pembaca
b. bahasa mudah dipahami
c. komposisi gambar dan tulisan sesuai
d. menggunakan gambar sketsa
Jawaban : d
Pembahasan : Gambar sketsa biasanya tidak digunakan dalam poster.
 
14. Poster yang dibuat dengan gambar warna–warni terlihat ....  
a. mudah dibaca
b. mudah dilihat
c. menarik perhatian
d. mewah sekali
Jawaban : c
Pembahasan : Poster berisi teks dan gambar. Gambar yang berwarna-warni mampu menarik perhatian pembaca.
 
15. Perhatikan gambar berikut.
 
Poster di atas bertema tentang .... 
a. pendidikan
b. kesehatan
c. lingkungan
d. bencana alam
Jawaban : b
Pembahasan : Gambar poster di atas bertema kesehatan yaitu tentang gejala penyakit tuberkulosis.
 
Soal Isian 
16. Gerakan “Cinta Indonesia” untuk membangun kemandirian bangsa di bidang ....
Jawaban : ekonomi
 
17. Orang-orang di pegunungan akan sulit menikmati ikan laut tanpa jasa dari .... 
Jawaban : nelayan
 
18. Informasi pada teks eksplanasi bersifat .... 
Jawaban : ilmiah
 
19. Fenomena kemiskinan merupakan contoh teks eksplanasi .... 
Jawaban : sosial
 
20. Energi listrik yang berdaya rendah, maka nyala lampunya akan .... 
Jawaban : redup
 
21. Saat membuat kompor tenaga surya, bahan yang dapat dijadikan bahan pemantul adalah .... 
Jawaban : aluminium foil
Pembahasan : Aluminium foil dijadikan bahan pemantul karena aluminium foil dapat menghantarkan panas dengan baik.
 
22. Arus informasi pada era globalisasi berlangsung .... 
Jawaban : cepat
 
23. Jika pembelian produk luar negeri meningkat, maka angka PHK akan .... 
Jawaban : meningkat
Pembahasan : Jika pembelian produk luar negeri meningkat, maka banyak produk dalam negeri yang tidak laku. Jika produk dalam negeri tidak laku, maka produksi akan berkurang sehingga meningkatkan angka PHK.
 
24. Brosur dapat dicetak berkali-kali, namun hanya diterbitkan sebanyak ... kali. 
Jawaban : satu
Pembahasan : Brosur diterbitkan sekali, meskipun brosur dicetak berkali-kali baik diperbarui ataupun tidak.
 
25. Perhatikan gambar berikut.
 
Poster di atas termasuk poster .... 
Jawaban : pendidikan

Download Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 6


PILIHAN GANDA
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
  • 3.3 Memahami keberagaman ekonomi masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika (soal nomor 1 s/d 3)
Bahasa Indonesia 
  • 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca (soal nomor 4 s/d 6)
Ilmu Pengetahuan Alam 
  • 3.6 Memahami cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik (soal nomor 7 s/d 9)
Ilmu Pengetahuan Sosial 
  • 3.3 Memahami posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN (soal nomor 10 s/d 12)
Seni Budaya dan Prakarya 
  • 3.1 Memahami reklame (soal nomor 13 s/d 15)

ISIAN
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
  • 3.3 Memahami keberagaman ekonomi masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika (soal nomor 16 s/d 17)
Bahasa Indonesia 
  • 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca (soal nomor 18 s/d 19)
Ilmu Pengetahuan Alam 
  • 3.6 Memahami cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik (soal nomor 20 s/d 21)
Ilmu Pengetahuan Sosial 
  • 3.3 Memahami posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN (soal nomor 22 s/d 23)
Seni Budaya dan Prakarya 
  • 3.1 Memahami reklame (soal nomor 24 s/d 25)


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Contoh Soal Penilaian Harian Kelas 6 SD Tema 4, silahkan klik tautan berikut : Unduh Soal & Jawaban, Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 


Demikian informasi tentang Soal & Kunci PH Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci PH Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Semester 1 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel