Soal dan Jawaban Administrasi Umum Semester 2 Tahun 2021/2022

Unduh Soal & Jawaban Administrasi Umum Kelas 10 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 - Di dalam suatu proses pembelajaran di sekolah, guru melakukan penilaian untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Para siswa diharapkan mengikuti proses pembelajaran dengan maksimal sehingga tujuan belajar dapat terealisasi.

Untuk membantu adik-adik kelas X dalam belajar, Bank Soal menyediakan Soal & Jawaban Administrasi Umum Kelas X Semester Genap Tahun 2021/2022.



Download Soal & Jawaban Pilihan Ganda Administrasi Umum Kelas 10


1. PT. Nakula membalas surat dari PT. Sadewa yang menerangkan bahwa direktur utama tidak bisa mengikuti kegiatan pameran. Surat dari PT. Nakula tersebut bagi PT. Sadewa merupakan surat....
A. Masuk
B. Keluar 
C. Penting
D. Biasa 
E. Rahasia

2. Berikut bukan contoh manfaat penanganan surat secara baik adalah....
A. Prosedur penanganan surat jelas
B. Surat sulit untuk ditemukan
C. Surat akan tercatat dengan baik
D. Surat akan tersimpan dengan baik
E. Rahasia akan terjaga

3. Hari ini, PT. Wiyata Mandala mengirimkan sebuah surat untuk PT.Cahaya Abadi . Surat tersebut disebut juga....
A. Surat penting
B. Surat masuk
C. Surat Keluar
D. Surat niaga
E. Surat biasa

4. Suatu kegiatan atau proses sistematis dalam melakukan pengumpulan, pencarian, penyelidikan, pemakaian, serta penyediaan dokumen untuk mendapatkan keterangan, penerangan pengetahuan serta bukti lalu menyebarkannya pada pengguna disebut....
A. Dokumen
B. Surat
C. Arsip
D. Dokumentasi
E. Kearsipan

5. Berikut ini merupakan kegiatan dokumentasi, kecuali....
A. Mencari dan mengumpulkan dokumen
B. Mencatat dokumen ke dalam buku induk dokumen
C. Mengolah dokumen menjadi bahan dokumentasi
D. Mereproduksi dokumen
E. Menyusutkan dokumen

6. Kondisi ketika arsip dikelompokkan berdasarkan dari isi surat/permasalahan yang ada disurat dalam sistem penyimpanan arsip dikenal dengan istilah....
A. Alphabetical filling system
B. Subjectical filling system
C. Numerical filling system
D. Chronological filling system
E. Geographical filling system

7. Berikut yang merupakan salah satu manfaat dari keberadaan sistem penyimpanan arsip adalah....
A. Arsip tertata dengan rapi
B. Arsip tidak mudah hilang
C. Pencurian arsip tidak bisa dilakukan
D. Mudah dalam melakukan penyusutan
E. Mudah dalam pencarian apabila dibutuhkan

8. Alasan Sistem abjad pada umumnya dipilih sebagai sistem penyimpanan adalah....
A. Petugas menginginkan agar dokumen dari nama yang sama
B. Semua orang mempunyai nama
C. Dokumen lebih sering dicari dan diminta melalui nama
D. Nama lebih mudah diingat oleh siapapun
E. Jumlah langganan yang berkomunikasi banyak

9. Alat pembatas antara kelompok arsip yang satu dengan  yang lainnya dikenal dengan nama
A. Cardex
B. Kartu indeks
C. Filling Cabinet
D. Hanging folder
E. Guide

10. Berikut yang bukan termasuk indeks nama dalam sistem abjad adalah....
A. Nama orang
B. Nama perusahaan
C. Nama subjek
D. Nama instansi pemerintah
E. Nama organisasi/perhimpunan

11. Salah satu kelemahan sistem nomor adalah....
A. Tidak cocok untuk perusahaan besar
B. Tidak banyak menggunakan peralatan
C. Rahasia arsip mudah terbaca oleh banyak orang
D. Untuk mencari surat harus melihat daftar klasifikasi terlebih dahulu
E. Mudah diterapkan

12. Lemari untuk menyimpan arsip disebut....
A. Guide
B. Cardex
C. Laci
D. Hanging folder
E. Filling cabinet

13. Kode dari nama Sabrina Queentesa Tasbitha Balqis adalah....
A. Sq
B. Sb
C. Bt
D. St
E. Bs

14. Peralatan kantor dapat diartikan sebagai....
A. Media yang digunakan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan 
B. Segala benda yang ada di dalam kantor, baik yang berguna ataupun tidak bagi aktivitas di kantor
C. Semua benda berbentuk lembaran dan non lembaran yang digunakan untuk mendukung aktivitas di kantor
D. Mesin-mesin yang digunakan untuk membantu pekerjaan para pegawai di sebuah perusahaan
E. Media yang digunakan untuk membantu pimpinan perusahaan dalm mengawasi kinerja para pegawainya

15. Berikut yang bukan merupakan contoh manfaat peralatan kantor adalah....
A. Untuk memperlancar proses pelaksanaan aktivitas Kantor
B. Sebagai nilai tambah di mata kolega dan klien
C. Mempermudah proses pelaksanaan aktivitas kantor
D. Untuk mendukung aktivitas pekerjaan kantor
E. Sebagai aset dan pelengkap kantor

16. Dilihat dari penggunaannya peralatan kantor dibedakan menjadi....
A. Peralatan kantor lembaran dan habis pakai
B. Peralatan kantor non lembaran dan habis pakai
C. Barang habis pakai dan tidak habis pakai
D. Peralatan kantor non lembaran dan barang tidak habis pakai 
E. Peralatan kantor lembaran dan peralatan kantor non  lembaran  

17. Perlengkapan kantor yang bentuknya lembaran....
A. Perforator
B. Letter opener
C. Paper Shredder
D. Formulir
E. Buku catatan kecil

18. Fungsi perforator adalah....
A. Membuka surat
B. Menyimpan dokumen
C. Melindungi dokumen dari kerusakan
D. Menghancurkan dokumen tak terpakai
E. Melubangi kertas 

19. Mesin kantor untuk menghancurkan dokumen yang tak terpakai adalah....
A. Perforator
B. Paper Shredder
C. Letter opener
D. Stapler
E. Numbering Machine

20. Hanging folder disebut juga dengan....
A. Stopmap
B. Filling cabinet
C. Map gantung
D. Stapler
E. Pelubang kertas 

21. Berikut yang merupakan alat bantu peraga, kecuali ....
A. OHP
B. LCD
C. Televisi
D. Grafik
E. Stapler

22. Contoh hal yang harus diperhatikan saat memilih peralatan kantor adalah....
A. Memperhatikan penempatan dan kebersihan peralatan kantor agar fleksibel
B. Memperhatikan segi efektivitas dan estetika peralatan kantor yang hendak dibeli
C. Menentukan tujuan penggunaan peralatan yang disesuaikan dengan tingkat jabatan
D. Menyesuaikan pekerjaan dan kemampuan pegawai dengan peralatan kantor yang hendak dibeli
E. Memperhatikan tingkat harga dan kepopuleran jenis barang yang hendak dibeli

23. Tata ruang kerja/kantor adalah....
A. Susunan tempat kerja sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga pegawai dapat bekerja dengan nyaman.
B. Rangkaian tempat kerja sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga pegawai dapat bekerja dengan nyaman.
C. Pengaturan ruang kantor serta penyusunan alat-alat dan perabot kantor sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga pegawai dapat bekerja dengan nyaman.
D. Tempat kerja sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga pegawai dapat bekerja dengan nyaman.
E. Rangkaian kerja sesuai dengan luas lantai dan ruangan kantor yang tersedia sehingga pegawai dapat bekerja dengan nyaman.

24. Berikut ini merupakan tujuan tata ruang kantor kecuali....
A. Proses pengerjaan aktivitas kantor dapat dilakukan dengan jarak yang sependek mungkin
B. Rangkaian aktivitas tata usaha dapat berjalan dengan lancar
C. Kesehatan dan kepuasan bekerja para pegawai dapat terpelihara
D. Pihak dalam yang mengunjungi kantor akan mendapat kesan yang baik tentang perusahaan tersebut
E. Pengawasan terhadap pekerjaan dapat berlangsung memuaskan

25. Berikut merupakan kelebihan Tata ruang kerja berpanorama kecuali....
A. Pegawai akan merasa nyaman dan betah bekerja
B. Ketegangan syaraf dapat berkurang atau terhindarkan
C. Kebisingan dan kegaduhan mudah dihindari
D. Pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien
E. Menjamin pekerjaan yang bersifat rahasia

26. Ruang kerja yang cukup luas dan ditempati oleh bebrapa pegawai untuk bekerja bersama disuatu ruangan tanpa dipisah oleh penyekat atau pembatas yang permanen adalah tata ruang kantor....
A. Terbuka
B. Tertutup 
C. Berpanorama
D. Gabungan
E. Eksekutif

27. Faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor kecuali....
A. Peralatan kantor
B. Cahaya
C. Warna
D. Udara
E. Suara

28. Asas tata ruang kantor dimana harus disesuaikan dengan fungsi ruang yang digunakan adalah asas....
A. Azas jarak terpendek
B. Azas integrasi kegiatan
C. Azas keamanan dan kepuasan pegawai
D. Azas penggunaan seluruh ruangan
E. Azas rangkaian kerja

29. Asas tata ruang kantor dimana menempatkan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urutan-urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan disebut asas....
A. Azas jarak terpendek
B. Azas integrasi kegiatan
C. Azas rangkaian kerja
D. Azas keamanan dan kepuasan pegawai
E. Azas penggunaan seluruh ruangan

30. Suatu proses kegiatan penyampaian informasi yang mengandung arti dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha mendapatkan saling pengertian untuk mencapai tujuan disebut....
A. Informasi
B. Komunikasi
C. Berita
D. Wacana
E. Rapat 

31. Komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena....
A. Manusia sebagai makhluk sosial
B. Manusia sebagai ciptaan Tuhan
C. Manusia sebagai makhluk pribadi
D. Manusia sebagai makhluk individu
E. Manusia sebagai makhluk individu dan social

32. Orang yang menyampaikan informasi disebut....
A. Komunikan
B. Responden
C. Komunikator
D. Nara sumber
E. Wartawan

33. Proses komunikasi dikatakan efektif apabila menghasilkan....
A. Komunikator
B. Komunikan
C. Hambatan
D. Respons
E. Barrier

34. Berikut ini Faktor keberhasilan komunikasi kecuali....
A. Cakap
B. Pengetahuan
C. Sikap
D. Kondisi batiniah
E. Kondisi lahiriah

35. Berikut ini etika dalam bertelepon yang harus diketahui secara khusus, kecuali....
A. Sebaiknya menggunakan bahasa yang resmi
B. Tidak berbicara dengan orang lain selagi berbicara di telepon
C. Tidak berbicara sambil makan sesuatu atau mengunyah permen
D. Berbicara tidak banyak basa-basi
E. Segera menutup telepon 

36. Peralatan kantor dapat diartikan sebagai …
A. segala benda yang ada di dalam kantor, baik yang berguna ataupun tidak bagi aktivitas di kantor.
B. semua benda berbentuk lembaran dan nonlembaran yang digunakan untuk membantu pekerjaan para pegawai di sebuah perusahaan.
C. media yang digunakan dalam upaya mencapai suatu tujuan yang diinginkan perusahaan.
D. mesin-mesin yang digunakan untuk membantu pekerjaan para pegawai di sebuah perusahaan.
E. media yang digunakan untuk membantu pimpinan perusahaan dalam mengawasi kinerja para pegawainya.

37. Alasan system abjad pada umumnya dipilih sebagai system penyimpanan adalah….
A. nama lebih mudah diingat oleh siapapun
B. petugas menginginkan agar dokumen dari nama yang sama
C. dokumen lebih serung dicaru dan diminta melalui nama
D. semua orang mempunyai nama 
E. jumlah langganan yang berkomunikasi banyak

38. Tata ruang yang baik adalah yang memungkinkan proses penyelesaian pekerjaan dan penempatan alat-alat harus menempuh jarak sependek-pendeknya, penataan ruang tersebut menganut asas….
A. rangkaian kerja
B. integritas kegiatan
C. jarak terpendek
D. kenyamanan kerja
E. penggunaan seluruh ruangan

39. Ruang kerja yang dihiasi taman dekorasi dan lain sebagainya disebut dengan tata ruang kantor ….
A. terbuka 
B. tertutup 
C. berpanorama 
D. berkamar
E. semi permanen

40. Dalam melakukan hubungan telepon pertama kali yang Anda ucapkan pada saat Anda menerima telepon panggilan masuk adalah….
A. Selamat siang, dengan PT Utama Jaya
B. Halo, di sini Amalia sekretaris PT Utama Jaya
C. Halo, dengan nomor 7432125
D. Halo, selamat siang, saya sekretaris PT Utama Jaya
E. Selamat siang


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Jawaban Administrasi Umum Kelas X, silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal dan Jawaban Administrasi Umum Kelas 10 Semester 2 Tahun 2021/2022 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Jawaban Administrasi Umum Semester 2 Tahun 2021/2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel