Materi Pengenalan Dasar Internet Teknologi Perkantoran SMK Tahun 2022

Unduh Materi Pengenalan Dasar Internet Kelas 10 Teknologi Perkantoran SMK Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 - International Netwok yang biasa kita sebut dengan istilah internet artinya adalah jaringan internasional. Internet merupakan kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang bisa terkoneksi antara satu dengan yang lainnya. Media yang digunakan bisa melalui sambungan telepon, kabel dan satelit atau wireles (jaringan tanpa kabel).



Fasilitas Internet

Fasilitas-fasilitas yang ada pada internet antara lain:
1. Browsing/Surfing adalah Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
2. EMAIL (Electronic Mail) adalah Sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut.
3. INTER RELAY CHAT (Chatting) adalah Fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.

Istilah-istilah dalam Internet

Beberapa istilah yang sering dijumpai dalam internet sebagai berikut :
1. WWW
www atau lebih sering disebut world wide web artinya adalah jaringan informasi dunia. www merupakan aplikasi internet yang paling sering digunakan saat ini, karena tampilan antar mukanya yang
2. Web Site
Situs web adalah sebutan bagi sekelompok halaman web. Tidak semua situs web Situs web dapat di akses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran untuk dapat menjadi pelanggan. Misalnya situs-situs yang menampilakan berita dan juga layanan surat elektronik E-mail.
3. Web Pages
Halaman web adalah Sekelompok data yang tampil di world wide web, informasi ini dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya. Halaman web ini dibuat dalam suatu format standar HTML (Hyper Text mark-up Language) dimana dokumen HTML tersebut disimpan dalam suatu server. Sedangkan untuk menampilkan halaman tersebut digunakan web browser.
4. Home Page
Sering disebut sebagai halaman induk atau sampul halaman atau halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web. Biasa digunakan orang untuk mempromosikan informasi, jasa, produk-produknya.
5. Browser
Browser dalam bahasa indonesia sering disebut penjelajah, merupakan aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi WWW (World Wide Web).

Manfaat dan Kegunaan Internet

1. Fungsi komunikasi
2. Resource Sharing
3. Searching
4. Media Promosi
5. Media Transaksi Jual Beli

Web Browser

Web Browser atau dikenal juga dengan istilah Browser, atau peselancar. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatau komputer. Contoh web browser antara lain.

Browser Opera

Search Engine

Dikenal dengan mesin pencari adalah suatu fasilitas internet yang digunakan untuk melakukan pencarian produk, jasa, dan informasi dalam sebuah website. Jadi dengan mesin pencari kita dapat menemukan bermacam-macam produk sesuai dengan keinginan kita. Contoh Search Engine

Google Search



Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Materi Pengenalan Dasar Internet Teknologi Perkantoran SMK Kelas X, silahkan klik link berikut ini  : 

Demikian informasi tentang Materi Pengenalan Dasar Internet Teknologi Perkantoran SMK Tahun 2022 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Materi Pengenalan Dasar Internet Teknologi Perkantoran SMK Tahun 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel