Soal & Kunci PTS IPA Kelas 9 SMP Semester 2 Tahun 2022

Unduh Soal & Kunci PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Penilaian Tengah Semester (PTS) dilaksanakan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Soal PTS mencakup materi dari seluruh kompetensi dasar pada periode tersebut

Untuk membantu adik-adik kelas 9 SMP dalam mempersiapkan diri menghadapi PTS, Bank Soal menyediakan Soal & Jawaban PTS IPA Kelas 9 SMP Semester Genap Tahun 2021/2022.



Download Soal PTS IPA Kelas 9 SMP Semester Genap


1. Pernyataan yang benar tentang sifat-sifat kutub magnet adalah ….
A. kutub senama magnet akan tarik menarik
B. kutub senama magnet akan tolak menolak
C. kutub tidak senama akan tolak menolak
D. kutub selatan magnet dapat menarik semua logam

2. Bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah ….
A. tengah magnet
B. semua bagian
C. kutub magnet
D. kutub utara magnet

3. Contoh dari benda diamagnetik adalah ….
A. nikel
B. seng
C. alumunium
D. besi

4. Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut ….
A. paramagnetik
B. diamagnetik
C. neomagnetik
D. feromanetik

5. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat magnet, kecuali ….
A. didekatkan magnet utama
B. dialiri arus listrik
C. digosokkan magnet utama
D. dialiri arus bolak balik

6. Sifat kemagnetan suatu logam dapat dihilangkan dengan cara berikut, kecuali ….
A. dipanaskan
B. didinginkan
C. dijatuhkan
D. dialiri arus bolak balik

7. Magnet PQ disentuhkan ke batang besi AB sehingga terbentuk kutub magnet seperti gambar berikut.
Cara pembuatan magnet P-Q yang benar ditunjukkan pada gambar …
Kunci jawaban : A

8. Perhatikan gambar! berikut!
JIka baja AB menjadi magnet, maka data yang benar adalah ….
Kunci jawaban : D

9. Gambar di bawah ini adalah salah satu cara membuat magnet dengan cara mengaliri arus listrik searah yang dililitkan pada batang baja PQ.
Setelah terbentuk magnet, PQ didekatkan dengan besi K-L sehingga menjadi magnet, maka kutub-kutub magnet yang benar adalah …
A. K = kutub utara, L = kutub selatan
B. K = kutub selatan, L = kutub utara
C. K = kutub selatan, L = kutub selatan
D. K = kutub utara, L = kutub utara

10. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan tiga buah magnet batang. Jika C kutub selatan, B dengan C tolak menolak, serta D dengan E tarikmenarik, sehingga jenis kutub magnet pada A dan F adalah ….
A. A kutub selatan, F kutub selatan
B. A kutub utara, F kutub selatan
C. A kutub selatan, F kutub utara
D. A kutub utara, F kutub utara

11. Sebuah jarum kompas yang diletakkan disekitar medan magnet akan mengalami penyimpangan arah. Dari diagram gambar berikut ini, yang menunjukkan kedudukan jarum kompas yang benar adalah ….
Kunci jawaban : D

12. Di bawah ini yang menunjukkan peristiwa terjadinya induksi magnet adalah ….
A. hilangnya sifat magnet dalam medan listrik
B. besi menjadi magnet di dalam medan magnet
C. berubahnya kutub magnet dalam medan listrik
D. berkurangnya daya magnet dalam medan magnet

13. Orang yang menyatakan pertama kali bahwa bumi merupakan sebuah magnet adalah ….
A. Michael Faraday
B. Yohannes Keppler
C. Wiliiam Gelbert
D. Blaise Pascal

14. Berikut ini adalah hewan yang memanfaatkan medan magnet untuk melakukan migrasi, kecuali ….
A. salmon
B. penyu
C. lobster duri
D. beruang

15. Hewan yang menggunakan partikel magnetik pada tubuhnya untuk menciptakan peta navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah ….
A. burung
B. beruang
C. salmon
D. penyu

16. Pengertian dari sudut deklinasi adalah ….
A. sudut yang dibentuk antara jarum kompas dengan kutub utara selatan bumi
B. sudut yang dibentuk jarum kompas dengan bidang horizontal bumi
C. sudut yang dibentuk jarum kompas dengan bidang kemiringan bumi
D. sudut yang dibentuk jarum kompas dengan kutub utara magnet bumi

17. Berikut ini yang bukan ciri dari trafo step up adalah ….
A. jumlah lilitan primer lebih banyak daripada lilitan sekunder
B. jumlah lilitan primer lebih sedikit daripada lilitan sekunder
C. tegangan primer lebih kecil daripada tegangan sekunder
D. kuat arus sekunder lebih kecil daripada kuat arus primer

18. Arah garis gaya magnet bumi adalah ….
A. dari kutub utara bumi berakhir di kutub selatan bumi
B. dari kutub selatan bumi berakhir di kutub utara bumi
C. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara bumi
D. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara magnet bumi

19. Perhatikan gambar dinamo DC berikut!
Urutan cara kerja dinamo tersebut adalah …
A. 1-2-3-4-5
B. 1-3-2-4-5
C. 2-1-5-4-3
D. 2-1-4-5-3

20. Perhatikan gambar berikut! 
Jika jumlah lilitan primer dan sekunder pada trafo masing-masing 800 dan 200 lilitan, tegangan input trafo 220 V, maka tegangan output trafo adalah …
A. 55 V
B. 520 V
C. 80 V
D. 880 V

21. Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi adalah ….
A. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
B. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
C. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
D. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka

22. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar….
A. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
B. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
C. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
D. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen

23. Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah ….
A. tahu
B. yogurt
C. sabun
D. minyak goreng

24. Pemyataan berikut yang sesuai dengan dampak positif pemanfaatan bioteknologi dalam bidang pangan adalah ….
A. bioremediasi merupakan pemanfaatan mikrobia dalam penanggulangan tumpahan minyak di perairan
B. limbah kedelai tempe sangat baik dibuang di sungai untuk makanan biota air
C. rekayasa genetik pada tanaman tebu dengan memanfaatkan bakteri Escherecia coli menghasilkan tanaman tebu tahan lahan kering
D. ditemukannya bakteri Thiobacillus ferrooxidans membantu pemisahan logam besi dari timbal sulfat

25. Pemanfaatan mikroorganisme Acetobacter xylinum dalam proses pembuatan sari kelapa berfungsi untuk ….
A. mengubah zat gula menjadi selulosa
B. mengubah karbohidrat menjadi glukosa
C. mengubah gula menjadi glukosa
D. mengubah gula menjadi asam asetat

26. Pembuatan tempe merupakan contoh bioteknologi konvensional. Tempe dibuat melalui fermentasi kedelai dengan mengunakan bantuan jamur Rhizopus sp. Manfaat yang didapat dari penerapan bioteknologi tersebut adalah ….
A. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
B. meningkatkan nilai gizi dari makanan tersebut
C. memanfaatkan jumlah kedelai yang berlebihan
D. mengubah bentuk bahan makanan tersebut

27. Mikroorganisme berikut yang menghasilkan antibiotik adalah …
A. Lactobacillus bulgaricus
B. Salmonella typhosa
C. Ascaris lumbricoides
D. Penicillin notatum

28. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah….
A. glukosa + O2 –> CO2 + H2O + energi
B. glukosa + O2 –> CO2 + alkohol + energi
C. glukosa –> CO2 + alkohol + energi
D. glukosa –> CO2 + H2O + energi

29. Berikut ini ciri-ciri bioteknologi modern, kecuali …
A. penggunaan teknologi plasmid
B. memanfaatkan enzim
C. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
D. belum mengenal pemanfaatan enzim

30. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas yang tinggi. Upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah ….
A. pengembangan teknik fermentasi makanan
B. pengembangan protein sel tunggal
C. pengembangan hewan transgenik
D. pengembangan cloning

31. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia. Berikut ini yang bukan dampak buruk dari bioteknologi adalah ….
A. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi
B. mengurangi plasma nutfah di Indonesia
C. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan jika dikonsumsi
D. menciptakan hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi

32. Perhatikan data beberapa teknologi berikut!
1. Pemanfaatan energi panas matahari untuk menghasilkan listrik
2. Penggunaan bensin untuk sebagai bahan bakar kendaraan bermotor
3. Penggunaan solar untuk bahan bakar mesin diesel.
4. Gas methana yang dihasilkan dari teknologi biogas.
Teknologi ramah lingkungan dan tidak ramah lingkungan secara berturut-turut ditunjukkan oleh pasangan nomor ….
Kunci jawaban : C

33. Perhatikan data spesies berikut!
K. Chlorella sp.
L. Candida utilia
M. Spirulina sp.
N. Sargassum sp
O. Rhizobium sp
Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ….
A. K, L, M
B. K, M, O
C. L, N, O
D. M, N, O

34. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ….
A. rekayasa genetika
B. kloning
C. transplantasi
D. mutase

35. Minuman yoghurt yang terbuat dari air susu dapat mengobati lambung dan usus yang terluka, proses pembuatan yoghurt tersebut karena hasil kerja dari ….
A. Rizhopus oryzae
B. Streptococcus thermophilus
C. Neurospora sitophila
D. Aspergillus wentii


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Kunci Jawaban PTS Genap IPA Kelas 9 SMP, silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal & Kunci PTS IPA Kelas 9 SMP Semester 2 Tahun 2022 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci PTS IPA Kelas 9 SMP Semester 2 Tahun 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel