Materi Teks Biografi Kelas 10 Bahasa Indonesia

Unduh Materi Teks Biografi Kelas 10 Bahasa Indonesia Semester Genap - Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Umumnya, biografi menyajikan sejarah hidup tokoh, pengalaman tokoh, hingga kisah sukses tokoh yang diulas.  Biografi tidak sekedar biodata, tidak hanya daftar nama, tanggal lahir atau meninggal dan data-data penting lainnya, tetapi lebih kompleks dari pada itu. Kita bisa meneladani kisah biografi seseorang yang memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan seperti pahlawan menjadi pelajaran dan inspirasi untuk kita.


Struktur Teks Biografi

Teks biografi termasuk ke dalam teks narasi. Oleh karena itu, struktur teks biografi juga sama dengan teks cerita ulang lainnya seperti cerpen dan hikayat yaitu orientasi, kejadian penting, reorientasi.
a. Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
b. Kejadian penting (important event, record of events), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.
c. Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini sifatnya opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.

Ciri-ciri Teks Biografi

a. Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi.
b. Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan. 
c. Teks biografi memiliki struktur yang jelas.

Pola Penyajian Cerita Ulang Teks Biografi

a. Alur Cerita 
Alur yang berjalan maju (dari peristiwa masa lalu ke masa kini).
b. Sudut Pandang
Sudut pandang yang dilakukan oleh orang ketiga yang serba tahu.
c. Gaya penulisan
Gaya penulisan yang dilakukan dengan cara deskritif naratif.
d. Fokus Penceritaan
Cerita yang fokus pada keberhasilan karir sebagai usaha.

Jenis-Jenis Nilai Karakter yang Diteladani

Tokoh yang riwayat hidupnya ditulis dalam biografi biasanya memiliki kepribadian unggul dibandingkan orang lain. Kepribadian unggul inilah yang biasanya mampu mengantarkan seseorang mencapai keberhasilan dalam kehidupannya. Untuk dapat mengidentifikasi kepribadian unggul, kita dapat melihat dari peristiwa/permasalahan apa yang dialami seseorang serta bagaimana caranya menghadapi semua itu.
Berikut disajikan nilai-nilai karakter yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi.
a. Religius yaitu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
b. Jujur yaitu perilaku yang didasarkan pada upaya yang menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
c. Toleransi yaitu sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku bangsa, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang yang berbeda dengan dirinya.Makna yang terkandung dalam data adalah toleransi karena raja (atasan) mempunyai sikap menghargai perbedaan.
d. Disiplin yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
e. Kerja Keras yaitu perilaku yang menujukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
f. Kreatif yaitu cara berpikir dan melakukan sesuatu untukmenghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
g. Mandiri yaitu sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.Kandungan makna yang dapat diteladani adalah siswa diharapkan diajarkan sedari kecil untuk mandiri dalam melakukan tugas dan aktivitas.
h. Demokratis yaitu cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
i. Cinta tanah air yaitu cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
j. Menghargai prestasi yaitu sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
k. Bersahabat/komunikatif yaitu tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lainCinta damai.
l. Cinta damai yaitu sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa aman atas kehadiran dirinya.
m. Peduli sosial yaitu sikap dan tindakan yang selalu ingin yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
n. Tanggung jawab yaitu sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dia lakukan terhadap dirinya sendiri, masyarakat, lingkungan (alam dan sosial), bangsa dan negara.

Cara Meneladani Karakter Unggul Tokoh dalam Biografi

Salah satu ciri cerita ulang adalah cerita tersebut didengarkan dan dibaca berulangkali karena kebermanfaatannya sangat dirasakan. Salah satu kebermanfaatan teks biografi adalah pendengar / pembaca dapat meneladani karakter unggul tokoh dalam biografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 
Contoh :
Saya akan belajar dengan giat agar masuk jurusan teknik di UNY.
Saya juga akan belajar dengan rajin agar mendapatkan prestasi yang baik. 


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Materi Teks Biografi Kelas X Bahasa Indonesia, silahkan klik link berikut ini  : 

Demikian informasi tentang Materi Teks Biografi Kelas 10 Bahasa Indonesia yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Materi Teks Biografi Kelas 10 Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel