Soal & Kunci PAT OTK Humas Kelas 11 Tahun 2022

Unduh Soal & Kunci Jawaban PAT/PAS Genap OTK Humas dan Keprotokolan SMK Kelas 11 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik diakhir semester genap. Soal yang diujikan mencakup materi dari seluruh kompetensi dasar pada semester genap. Hasil dari PAT digunakan sebagai salah satu komponen penilaian rapot serta menjadi penentu kenaikan kelas.

Untuk membantu adik-adik kelas 11 dalam belajar, Bank Soal menyediakan Soal & Jawaban PAT/PAS Genap OTK Humas & Keprotokolan Kelas XI Tahun 2021/2022.



Download Soal & Jawaban PAT/UKK Pilihan Ganda OTK Humas Kelas 11 


1. Teknik komunikasi dengan tujuan mengubah sikap atau perilaku komunikan dengan cara lebih menekan sisi psikologisnya disebut….
A. komunikasi informatif
B. komunikasi persuasif
C. bersifat perintah
D. hubungan manusia
E. hukum komunikasi

2. Teknik komunikasi yang disampaikan kepada seseorang atau sejumlah orang tentang hal-hal baru yang diketahuinya disebut….
A. komunikasi informatif
B. komunikasi persuasif
C. bersifat perintah
D. hubungan manusia
E. hukum komunikasi

3. Perubahan komunikasi terjadi bila dalam suatu masyarakat terjadi ketidakpahaman tentang informasi yang ada. Hal ini termasuk faktor penghambat agar komunikasi dapat….
A. dimengerti
B. diterima orang lain
C. menggerakkan orang lain
D. mengubah tatanan sosial
E. mengubah tatanan ekonomi

4. Perubahan yang terjadi dalam suatu komunikasu yang sedang berlangsung bergantung pada bagaimana komunikator menyampaikannya. Berdasarkan tujuan komunikasi, hal ini merupakan perubahan….
A. sikap
B. pendapat
C. perilaku
D. supaya dapat dimengerti orang lain
E. supaya dapat diterima orang lain 

5. Komunikator harus dapat menjelaskan informasi kepada komunikan (penerima) dengan sebaik-baiknya dan tuntas sehingga komunikan dapat mengetahui informasi yang dimaksud. Hal ini termasuk tujuan komunikasi bagian….
A. dapat dimengerti
B. menggerakkan orang lain
C. memahami orang lain
D. perubahan perilaku
E. perubahan pendapat

6. Fungsi komunikasi sebagai sarana penyampaian suatu informasi dan ilmu pengetahuan kepada orang lain disebut….
A. to inform
B. to entertain
C. to influence
D. to educate
E. to performance

7. Fungsi komunikasi sebagai pemberi informasi kepada masyarakat mengenai ide dan peristiwa yang terjadi serta segala sesuatu yang disampaikan orang lain disebut….
A. to inform
B. to educate
C. to influence
D. to entertain
E. to performance

8. Fungsi komunikasi sebagai sarana penyampaian suatu hiburan atau penghiburan bagi orang lain disebut….
A. to inform
B. to entertain
C. to influence
D. to educate
E. to performance

9. Teknik komunikasi yang bersifat memaksa, menakut-nakuti, atau menggambarkan risiko yang buruk dari suatu informasi sehingga komunikan melakukannya secara terpaksa disebut….
A. komunikasi informatif
B. komunikasi persuasif
C. bersifat perintah
D. hubungan manusia
E. hukum komunikasi

10. Fungsi komunikasi sebagai sarana untuk saling memengaruhi individu yang berkomunikasi dan lebih jauh lagi dapat mengubah sikap dan tingkah laku seseorang disebut….
A. to inform
B. to entertain
C. to influence
D. to educate
E. to performance

11. Metode penyusunan atau penyampaian pesan dengan menimbulkan rasa ketakutan pada khalayak adalah….
A. emotional
B. fear appeal
C. humorous
D. reward appeal
E. motivational

12. Cara penyusunan atau penyampaian pesan dengan berusaha menggugah emosi khalayak adalah….
A. emotional
B. fear appeal
C. humorous
D. reward appeal
E. motivational

13. Logika yang memandang komunikasi sebagai sebuah cara untuk mengubah suatu aturan melalui negosiasi adalah logika….
A. komunikasi
B. ekspresif
C. konvensional
D. retoris
E. asosiatif

14. Komunikasi merupakan sebuah permainan yang dijalankan dengan peraturan. Hal ini merupakan fungsi bahasa sebagai logika….
A. umum
B. khusus
C. retoris
D. konvensional
E. ekspresif

15. Logika ketika berkomunikasi yang digunakan untuk pengungkapan perasaan dan pemikiran sendiri serta bersifat terbuka dan reaktif adalah logika….
A. komunikasi
B. ekspresif
C. konvensional
D. retoris
E. asosiatif

16. Bahasa yang disampaikan oleh pembicara secara tepat dan dapat diterima oleh pendengarnya disebut bahasa….
A. isyarat
B. baku
C. nonverbal
D. komunikatif
E. verbal

17. Informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh public relations (humas) suatu perusahaan yang disampaikan kepada redaksi media massa (TV, radio, surat kabar, majalah) untuk dipublikasikan dalam media massa disebut….
A. produk rilis
B. financial release
C. siaran pers
D. wawancara pers
E. liputan pers

18. Bentuk kegiatan kunjungan menteri, pimpinan unit, kehumasan, dan kementerian secara langsung ke kantor media massa untuk melakukan dialog dalam membina hubungan baik dengan media massa disebut….
A. kebaikan pers
B. kunjungan redaksi
C. siaran pers
D. wawancara pers
E. liputan pers

19. Pertemuan antara staf media massa dan pemimpin redaksi media massa disebut….
A. kebaikan pers
B. pertemuan dengan pimpinan 
C. siaran pers
D. wawancara pers
E. liputan pers

20. Contoh media komunikasi audial adalah….
A. radio dan spanduk
B. poster dan televisi
C. telepon dan tape recorder
D. tape recorder dan chart
E. televisi dan koran

21. Yang tidak termasuk keuntungan media komunikasi audio visual adalah….
A. tidak membosankan
B. sesuai kenyataan
C. informasi lebih jelas dan cepat dimengerti
D. relatif mahal
E. hasilnya dapat dimengerti yang sebenarnya

22. Informasi yang digunakan untuk membina hubungan dengan pemegang saham dalam menyoroti masalah keuangan disebut….
A. kebaikan pers
B. financial release
C. produk rilis
D. wawancara pers
E. liputan pers

23. Salah satu media yang dipergunakan untuk komunikasi di luar organisasi kantor adalah….
A. kantin
B. majalah
C. perpustakaan
D. koran
E. computer

24. Majalah, spanduk, brosur, surat, dan media komunikasi lainnya adalah contoh media komunikasi….
A. komunikasi massa
B. komunikasi umum
C. wawancara
D. telepon
E. pertemuan

25. Perhatikan data berikut.
1) Visi dan misi
2) Produk/jasa perusahaan
3) Cover depan
4) Cover belakang dan kontak informasi
5) Pengalaman perusahaan
6) About us/tentang kami/sejarah singkat
7) Kelebihan
8) Daftar klien
9) Kumpulan foto
Dari data di atas, cara membuat profil perusahaan secara urut yaitu….
A. 3), 6), 1), 2), 7), 4), 5), 8), 9)
B. 3), 6), 1), 2), 7), 5), 4), 8), 9)
C. 3), 6), 1), 2), 7), 5), 4), 9), 8)
D. 3), 6), 1), 2), 7), 5), 9), 4), 8)
E. 3), 6), 1), 2), 7), 5), 9), 8), 4)

26. Produk perusahaan yang mengangkat nilai dan keunggulan apabila dibandingkan dengan perusahaan lain disebut….
A. profil produk
B. profil perusahaan
C. profil jasa
D. nilai tambah
E. nilai lebih

27. Jumlah bawahan yang melapor kepada atasan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi bentuk dan tinggi suatu struktur perusahaan. Hal ini merupakan komponen struktur perusahaan, yaitu….
A. kejelasan uraian tugas
B. rentang kendali
C. kejelasan tanggung jawab
D. pembagian kerja
E. kejelasan kedudukan

28. Fungsi struktur perusahaan yang membantu pihak pimpinan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian disebut….
A. kejelasan uraian tugas
B. rentang kendali
C. kejelasan tanggung jawab
D. pembagian kerja
E. kejelasan kedudukan

29. Garis hierarki yang ada dan berlaku pada perusahaan yang menggambarkan berbagai macam tingkatan posisi yang ada di perusahaan disebut….
A. struktur perusahaan
B. struktur manajemen
C. spesialisasi pekerjaan
D. spesialisasi kegiatan
E. rantai komando

30. Pembagian tugas yang spesifik dan berulang-ulang hingga efisiensi dapat tercapai disebut….
A. rantai komando
B. departemenisasi
C. spesialisasi pekerjaan
D. rentnag pengawasan
E. sentralisasi dan desentralisasi

31. Unsur yang menjelaskan kepada siapa hasil aktivitas (pekerjaan) akan dilaporkan disebut….
A. rantai komando
B. departemenisasi
C. spesialisasi pekerjaan
D. rentang pengawasan
E. sentralisasi dan desentralisasi

32. Pengalihan tanggung jawab dan wewenang dalam mengambil keputusan dari kantor pusat kepada orang yang berlokasi terdekat dengan situasi yang membutuhkan perhatian disebut….
A. rantai komando
B. departemenisasi
C. spesialisasi pekerjaan
D. rentang pengawasan
E. desentralisasi

33. Rencana kegiatan dari suatu organisasi agar semakin terarah, terpadu, dan tersistematis yang dibuat untuk rentang waktu yang telah ditentukan oleh suatu organisasi disebut….
A. program kerja
B. rencana tahunan
C. program unggulan
D. program remedial
E. tujuan program kerja

34. Aktivitas untuk menyusun satuan-satuan perusahaan yang akan diserahi bidang kerja tertentu atau fungsi tertentu disebut….
A. rantai komando
B. departemenisasi
C. spesialisasi pekerjaan
D. rentang pengawasan
E. sentralisasi dan desentralisasi

35. Tujuan paling utama dari kegiatan humas adalah menciptakan pemahaman. Setiap praktisi humas berjewajiban menjadikan khalayak organisasinya memahami produk atau kehadiran organisasi secara keseluruhan. Hal ini disebut….
A. analisis situasional
B. perencanaan logis
C. proses transfer humas
D. nilai tambah
E. nilai lebih

36. Dibatasi oleh waktu dan sumber daya, para perencana harus mengumpulkan, mengartikan, dan merangkum semua informasi yang relevan terhadap isu perencanaan yang dibahas merupakan langkah perencanaan….
A. analisis situasional
B. peran dan misi
C. menentukan sasaran
D. evaluasi sasaran
E. rencana alternative

37. Guna memahami situasi yang ada, kita perlu mengadakan suatu investigasi atau penyeledikan yang bisa dilakukan melalui suatu observasi atau melalui studi informasi dan statistik. Hal ini disebut….
A. analisis situasional
B. perencanaan logis
C. proses transfer humas
D. penyelidikan situasi
E. nilai tambah

38. Pengumpulan pendapat atau studi sikap (attitude study) dengan seorang pewawancara akan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada sejumlah responden sampel yang dianggap cukup mewakili suatu khalayak yang hendak dituju disebut….
A. analisis situasional
B. perencanaan logis
C. proses transfer humas
D. penyelidikan situasi
E. pengumpulan pendapat

39. Mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan sekaligus meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai disebut….
A. penetapan tujuan
B. perencanaan logis
C. proses transfer humas
D. penyelidikan situasi
E. pengumpulan pendapat

40. Proses perencanaan harus menghasilkan sarana-sarana alternatif yang dapat diterapkan di masa mendatang dan rencana alternatif yang mungkin digunakan untuk mencapai sasaran ini berdasarkan hasil analisis situasi merupakan langkah perencanaan….
A. analisis situasional
B. peran dan misi
C. menentukan sasaran
D. evaluasi sasaran
E. rencana alternatif


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Jawaban PAT OTK Humas & Keprotokolan Kelas XI, silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal & Kunci PAT OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Tahun 2022 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci PAT OTK Humas Kelas 11 Tahun 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel