Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 10 Bahasa Indonesia

Unduh Materi Teks LHO Laporan Hasil Observasi Kelas 10 Bahasa Indonesia Semester Ganjil - Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai suatu objek atau situasi dan hal lain yang telah diamati, diinvestigasi, atau diteliti secara sistematis. Pengertian tersebut sejalan dengan pendapat Kosasih (2014, hlm.43) yang menyatakan bahwa laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan.



Teks ini berisi hasil observasi dan analisis secara sistematis. Artinya, Teks laporan hasil observasi menyajikan informasi tentang suatu hal secara apa adanya, kemudian dikelompokkan lalu dianalisis secara sistematis sehingga dapat menjelaskan suatu hal secara terperinci dari sudut pandang keilmuan.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

a. Isi yang dibahas biasanya berupa ilmu tentang suatu objek atau konsep yang diobservasi.
b. Objek yang dibahas bersifat sangat umum sehingga menjelaskan ciri umum semua yang termasuk kelompok atau kategori objek yang diobservasi. Contohnya: museum, bukan spesifik salah satu benda yang dipajang di museum. Pantai, bukan hanya air laut atau pasir saja.
c. Bertujuan untuk menjelaskan sesuatu dari sudut pandang ilmu (pengetahuan).
d. Objek atau sesuatu hal yang diobservasi dijelaskan secara sistematis, terperinci, dan mengulas bagian-bagiannya, dan objektif (sesuai dengan kenyataan, tidak kurang dan tidak lebih).
e. Merinci objek atau hal yang diobservasi secara sistematis dari sudut pandang ilmu (saintifik) yang biasanya membagi penjabaran menjadi: definisi, klasifikasi, jabaran ciri objek.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Nurhanifah (2014, hlm. 19) mengemukakan bahwa teks laporan hasil observasi bertujuan untuk memberikan informasi umum tentang berbagai kelas benda atau sesuatu yang dicermati, seperti hewan, pepohonan, batu-batuan, telepon genggam, dan sebagainya.
Melalui penjabaran ciri laporan observasi yang sebelumnya telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa laporan hasil observasi disajikan dengan tujuan untuk menjelaskan sesuatu dari sudut pandang ilmu, memerinci objek atau hal yang diobservasi secara sistematis, terperinci dan mengulas bagian-bagiannya dengan objektif.
Objek Laporan Hasil Observasi bersifat sangat umum, sehingga menjelaskan ciri umum secara keseluruhan yang termasuk dalam kategori atau kelompok objek yang diobservasi. Laporan hasil observasi seharusnya disusun ketika kita telah melakukan pengamatan atau observasi.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

a. Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
b. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
c. Sebagai sumber informasi terpercaya.
d. Sarana untuk pendokumentasian.

Sifat Teks Laporan Hasil Observasi

Teks hasil observasi memiliki 3 sifat, diantaranya adalah bersifat informatif, komunikatif, dan juga objektif. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat sebagai berikut.
a. Bersifat Informatif, artinya memberikan informasi yang berguna mengenai objek yang diamati kepada pembaca.
b. Bersifat Komunikatif, artinya teks tersebut menggunakan bahasa yang seolah-olah membuat kita sedang berkomunikasi dengan teks tersebut, tujuannya adalah agar isi laporan dalam teks lebih mudah dimengerti.
c. Bersifat Objektif, berarti teks laporan tersebut harus faktual dan berpatokan pada informasi yang sah tentang apa yang benar-benar terjadi.

Langkah Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

1. menentukan topik masalah yang akan diamati atau diteliti.
2. merencanakan cara menyelesaikan masalah.
3. melakukan pengamatan sesuai dengan masalah yang ditentukan. Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan observasi adalah sebagai berikut:
a. mencatat data yang diperlukan sesuai dengan tujuan laporan,
b. melakukan survei tempat atau mencari referensi,
c. menemui narasumber bila ada untuk memperkuat data,
d. mencatat hasil observasi.
4. Meneliti ulang hasil pengamatan.
5. Membuat kerangka hasil pengamatan, berdasarkan struktur teks laporan hasil observasi , yaitu pernyataan umum/definisi umum/klasifikasi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan.
6. Menyusun laporan hasil observasi atau mengembangkan kerangka laporan menjadi laporan yang baik sesuai dengan kaidah kebahasaan teks laporan, Perhatikan pula penggunaan ejaan dan tanda baca, serta kata baku.
7. Membenahi atau menyunting teks laporan hasil observasi. Hal ini bertujuan untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang mungkin ada dalam tulisan, baik yang berkaitan dengan isi, struktur, ataupun penggunaan kaidah bahasanya.

Isi Pokok Teks Laporan Hasil Observasi

Observasi merupakan kegiatan yang tidak pernah terlepaskan dalam kehidupan seseorang. Observasi ini dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Observasi langsung dilakukan melalui kegiatan melihat, mengamati, melakukan, dan merasakan. Observasi tidak langsung dapat dilakukan melalui membaca, mendengarkan informasi, mendapatkan berita, dan sejenisnya. Mencermati dan membaca dengan teliti teks laporan hasil observasi sangat penting, terutama untuk mencari informasi yang sedang kita butuhkan. Ada informasi pendidikan, kesenian, kesehatan, dan informasi lain yang mendukung dan memperlancar tugas-tugas harian.
Untuk menggambarkan teks yang lengkap dan memenuhi persyaratan, teks laporan hasil observasi juga perlu ditelaah kriterianya, diidentifikasi apakah teks itu tergolong observasi atau bukan. Dalam menelaah dan mengidentifikasi, ada beberapa prinsip yang harus dipenuhi. Prinsip-prinsip tersebut sebagai berikut.
a. Lengkap, artinya data dan fakta yang ada dalam laporan harus lengkap.
b. Jelas, artinya dalam laporan tidak terdapat peluang penafsiran yang berbeda. Hal ini dapat dicapai bila bahasa yang digunakan benar dan komunikatif.
c. Benar (akurat), artinya data yang digunakan harus benar sehingga bermanfaat untuk mengambil keputusan yang benar.
d. Sistematis, artinya dipaparkan secara runtut dengan model (organisasi penulisan) yang mudah dipahami.
e. Objektif, penulis bersikap apa adanya dalam memaparkan semua informasi.
f. Tepat waktu, artinya laporan harus disusun sesuai batas waktu yang ditentukan agar fungsi laporan sesuai dengan kebutuhan.

Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Sebelum menganalisis teks laporan hasil observasi, kamu harus memahami terlebih dahulu struktur teks dan kaidah kebahasaannya.
Teks laporan hasil observasi mempunyai struktur sebagai berikut.
1. Pernyataan umum, berupa definisi.
Pernyataan umum (klasifikasi), yang biasanya berupa definisi, terdapat pada paragraf pertama. Pernyataan ini menyampaikan hal-hal umum yang selanjutnya diperinci ke dalam paragraf berikutnya.
2. Aspek yang dilaporkan, berupa deskripsi.
Deskripsi yang terdapat pada paragraf ini menjelaskan aspek yang dilaporkan dalam teks dengan perbedaan di setiap paragraf.
Sebagai gambaran, jika teks laporan hasil observasi terdiri dari dua paragraf, strukturnya berupa paragraf definisi dan paragraf deskripsi. Demikian juga jika terdiri dari tiga paragraf, lima paragraf, atau berapa pun banyaknya paragraf yang dilaporkan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Semangka Buah yang Menyehatkan Jantung

Buah semangka adalah buah yang sangat populer di Indonesia. Apa saja khasiat sehat yang terdapat pada buah yang banyak airnya ini?
Buah yang lezat dijadikan hidangan penutup ini kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang membuat buah berwarna merah. Antioksidan ini bermanfaat memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Di samping itu, antioksidan ini juga memiliki manfaat antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.
Dengan kandungan air 92 persen, semangka membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita. Kandungan kalorinya pun terhitung rendah, 42 per mangkuk sehingga tak membuat gemuk.
Semangka pun merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuat kulit bebas kerut. Vitamin ini membantu memproduksi kolagen yang melindungi tubuh atau badan dari kerusakan oleh radikal bebas. Vitamin ini pun membantu penyerapan zat besi. Kemudian semangka juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.
Kandungan yang kurang dalam buah ini adalah potasium dan serat.

Setelah mencermati teks tersebut, strukturnya yaitu sebagai berikut.
Pernyataan umum : Berupa definisi (semangka termasuk buah yang populer di Indonesia)
Aspek yang Dilaporkan : Berupa deskripsi (khasiat dari semangka), Berupa deskripsi (kandungan yang terdapat dalam semangka)

Berdasarkan penjelasan tersebut, sebuah teks laporan hasil observasi setidaknya terdiri dari dua paragraf, yaitu paragraf definisi dan paragraf deskripsi.

Kaidah Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah memahami struktur laporan hasil observasi, kamu perlu mencermati kaidah-kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks tersebut. Kaidah kebahasaan tersebut sebagai berikut.
1. Menggunakan kalimat definisi, contoh: Buah semangka adalah buah yang sangat populer di Indonesia.
2. Menggunakan konjungsi atau kata sambung, contoh: Di samping itu, antioksidan ini juga memiliki manfaat antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.
3. Menggunakan kalimat simpleks dan kalimat kompleks. 
a. Kalimat simpleks adalah kalimat yang menggunakan satu verba dan menyatakan aksi (peristiwa atau keadaan). Kalimat ini dapat disebut kalimat tunggal. Contoh: Kemudian semangka juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.
b. Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba. Contoh: Dengan kandungan air 92 persen, semangka membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita.
4. Menggunakan sinonim/antonim, contoh: Vitamin ini membantu memproduksi kolagen yang melindungi tubuh atau badan.
5. Menggunakan data (angka), contoh: Dengan kandungan air 92 persen, semangka membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita. Kandungan kalorinya pun terhitung rendah, 42 per mangkuk sehingga tak membuat gemuk.

Berdasarkan kriteria tersebut, teks yang berjudul “Semangka, Buah yang Menyehatkan Jantung” tergolong teks laporan hasil observasi. Hal ini karena memenuhi kriteria struktur dan kaidah.
Selain itu, kaidah-kaidah teks laporan hasil observasi tersebut juga bisa ditunjang dengan penggunaan gambar yang berupa tabel, grafik, atau bagan untuk membantu memperjelas laporan observasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Bahasa Indonesia, silahkan klik link berikut ini  : 

Demikian informasi tentang Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 10 Bahasa Indonesia yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas 10 Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel