KKM OTK Keuangan Kelas 11, 12 Tahun 2022/2023

Unduh KKM OTK Keuangan Kelas 11, 12 Tahun Pelajaran 2022/2023 - Dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai bagaimana menghitung KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Ini merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam dunia pendidikan untuk menentukan seberapa baik kualitas dari peserta didik tersebut di setiap mata pelajaran yang diberikan oleh sekolah.

Untuk membantu Bapak/Ibu guru mata pelajaran OTK Keuangan dalam menghitung KKM, Bank Soal menyediakan Contoh KKM OTK Keuangan Kelas 11, 12 Semester Ganjil Genap Tahun Pelajaran 2022/2023.




KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan kriteria batas nilai paling rendah yang diberikan kepada peserta didik mencapai ketuntasan KKM biasanya sudah ditetapkan pada awal tahun ajaran baru dan biasanya beberapa satuan pendidikan memiliki karakter yang sama.

Untuk menentukan KKM tersebut harus mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik itu sendiri serta kemampuan sumber daya pendukung seperti misalnya sarana prasarana dan lain sebagainya.

Biasanya setiap mata pelajaran memiliki nilai KKM yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan, saran dan lain sebagainya. Berikut beberapa langkah untuk menentukan KKM :
1) Hitunglah jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas.
2) Tentukan kekuatan / nilai untuk setiap aspek / komponen sesuai dengan kemampuan masing-masing aspek.
  • a) Aspek kompleksitas. Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah dan semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
  • b) Aspek sumber daya pendukung (sarana). Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
  • c) Aspek intake, semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi pula.
3) Jumlah nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi tiga untuk menentukan KKM setiap KD.
4) Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran
5) KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama, tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa

Jadi yang menjadi pertimbangan dalam menentukan KKM adalah kompleksitas, daya dukung, dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung meliputi kelengkapan mengajar seperti buku, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan penalaran dan daya pikir peserta didik.


Download KKM OTK Keuangan Kelas 11, 12 Tahun 2022/2023


Bagi Bapak/Ibu guru yang memerlukan KKM OTK Keuangan Kelas XI, XII, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang KKM OTK Keuangan Kelas 11, 12 Tahun 2022/2023 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "KKM OTK Keuangan Kelas 11, 12 Tahun 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel