Unduh Buku Seni Musik Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Buku Siswa dan Buku Guru Mapel Seni Musik Kelas 8 Kurikulum Merdeka - Melalui budaya dalam pendidikan bisa mengembangkan potensi anak didik agar tidak hanya cerdas secara intelektual akan tetapi juga mempunyai akhlak dan moral yang baik. Dalam pendidikan, budaya sangat penting karena dapat mendukung pembelajaran siswa, dengan adanya budaya dalam pendidikan, potensi peserta didik semakin berkembang.

Peran penting lain yang diharapkan dari sistem pendidikan adalah untuk menjaga, merawat, serta melestarikan nilai-nilai luhur bangsa, yang pada hakekatnya terkandung dalam Pancasila. Pelajar sepanjang hayat juga membutuhkan kemampuan bernalar kritis, karena mereka selalu terstimulasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam benak mereka.

Pendidikan Seni memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa bunyi, rupa, gerak, peran dan berbagai perpaduannya.

Multidimensional bermakna perkembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika.

Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Pendidikan Seni memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik Pancasilais yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, serta kecerdasan emosional.




Materi Seni Musik Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka


Unit 1 Lukisan Tanah Airku
1. Apresiasi Terhadap Keragaman Lagu Daerah
2. KB 1 Lukisan Indonesia
3. KB 2 Ragam Lagu dan Karya Musik Daerah
4. KB 3 Gaya dan Teknik Bernyanyi Lagu Daerah
5. KB 4 Bernyanyi Bersama Lagu Daerah


Unit 2 Alat Musik Tradisional
1. Apresiasi Terhadap Alat Musik Daerah
2. KB 1 Mengenal Ragam Alat Musik Tradisional Indonesia
3. KB 2 Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Perorangan
4. KB 3 Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Berkelompok


Unit 3 Musik Mancanegara (Asia)
1. Apresiasi Keragaman Musik Dunia
2. KB 1 Ragam dan Lagu Musik Mancanegara (Asia Tenggara)
3. KB 2 Ragam Lagu dan Karya Musik Asia
4. KB 3 Bernyanyi Bersama Lagu Mancanegara (Asia)


Unit 4 Pergelaran Musik Mancanegara
1. Pergelaran musik Indonesia & Asia
2. KB 1 Pergelaran Lagu dan Ensambel Musik Tradisional
3. KB 2 Pergelaran Lagu dan Ensambel Musik Mancanegara (Asia)


Bagi yang memerlukan Buku Seni Musik Kurikulum Merdeka Kelas 8 Semester Ganjil dan Genap, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Unduh Buku Seni Musik Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi seputar informasi terbaru dari Bank Soal.

Belum ada Komentar untuk "Unduh Buku Seni Musik Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel