Soal PAS B.Indonesia 2023 Kelas 6 Semester 1 & Jawaban

Soal & Jawaban Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) Kelas 6 Muatan Bahasa Indonesia Tahun 2023/2024 - Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester).

Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi Peserta Didik selama satu semester. Hasil PAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar Peserta Didik.

Kegiatan evaluasi melalui pelaksanaan Penilaian Akhir Semester pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan (sekolah) melalui guru untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai waktu yang diprogramkan.

Hasil itu sendiri dapat menjadi bahan tindak lanjut bagi guru untuk meneruskan, mengulang, memberi perbaikan (remedial) atau bahkan memberikan pengayaan baik secara klasikal maupun individual. Dari hasil analisis tersebut guru dapat mengevaluasi program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pengajaran yang berkesinambungan.




Soal & Kunci Jawaban PAS Semester 1 Muatan Bahasa Indonesia Kelas 6 Tahun Pelajaran 2023/2024


Teks untuk soal nomor 1 - 2.

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa ini terjadi di daerah yang berdekatan dengan gunung berapi dan dikelilingi lautan luas. Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan pada lapisan bumi dan letusan gunung perapi yang dahsyat. Peristiwa ini terjadi dengan cepat dan tiba-tiba, namun dampak yang ditimbulkan cukup besar dan luas. Selain kerugian berupa benda, terkadang gempa bumi juga menelan korban jiwa yang tidak sedikit. Hal lni karena datangnya yang tidak terprediksi secara pasti sehingga banyak orang tidak mempersiapkan diri saat terjadi peristiwa gempa bumi.

1. Yang menunjukkan pernyataan umum teks bacaan di atas adalah ...
a. Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan pada lapisan bawah bumi dan juga letusan gunung berapi yang dahsyat.
b. Gempa bumi adalah getaran atau goncangan yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi.
c. Gempa bumi mengakibatkan terjadinya letusan gunung berapi dan kerugian berupa benda, terkadang gempa bumi juga menelan korban jiwa.
d. Banyaknya korban jiwa disebabkan karena gempa bumi datangnya tidak bisa diprediksi sehingga banyak orang tidak mempersiapkan diri.

2. Teks di atas membahas tentang ....
a. bencana
b. akibat gempa bumi
c. gempa bumi
d. penyebab gempa bumi

3. Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut!
(1) Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). (2) Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. (3) Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. (4) Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir. (5) Baik banjir yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, perlu diwaspadai dan diatasi.
Urutan peristiwa sebab akibat dalam paragraf tersebut adalah ....
a. 1,2,3
b. 1,3,5
c. 2,3,4
d. 2,3,5

4. Perhatikan paragraf-berikut!
Pada hari Sabtu aku ikut ayah ke kota. Kami naik delman. Kuda segera maju ke depan setelah Pak Kusir menarik tali kendali. Aku sangat senang naik delman.
Kalimat tidak efektif terletak di kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

5. Perhatikan paragraf berikut!
Atas nasehat ayahku, aku bisa mengembangkan bakatku. Aku belajar dan praktik membuat sistim robotika. Berbagai sistim robotika modem sudah aku kuasai.
Kata tidak baku dalam paragraf di atas adalah ...
a. nasehat dan praktik
b. nasehat dan sistim
c. praktik dan sistim
d. praktik dan modern

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal no. 15 dan 16!
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia banyak yang memakai roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

6. Teks di atas membahas tentang ....
a. mesin
b. alat tranportasi
c. pekerjaan
d. roda·

7. Sifat informasi yang diperoleh dari teks laporan di atas adalah ....
a. opini
b. fakta
c. pendapat
d. sanggahan

8. Berikut pernyataan yang tepat tentang formulir penerimaan siswa baru adalah ....
a. berisi nomor rekening
b. berisi nominal uang tranfers
c. berisi data pengalaman kerja
d. berisi data diri dan orang tua

9. Bacalah teks bacaan berikut!
Saya bersekolah di SD Tunas Jaya. Sekarang saya kelas enam SD. Saya memiliki hobi menulis. Saya pernah ikut berbagai lomba menulis tingkat kabupaten dan provinsi. Dalam tingkat kabupaten saya mendapatkan juara pertama. Saya juga pernah mendapatkan juara dua ditingkat provinsi. Walaupun belum pernah mendapat juara pertama di tingkat provinsi, saya tetap senang dan bersyukur. Saya terus mengasah kemampuan, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan menulis.
Berdasarkan bacaan tersebut, data yang dapat diisikan pada formulir daftar riwayat hidup adalah ....
a. riwayat pendidikan
b. data prestasi
c. daftar kesehatan
d. bidang yang diminati

10. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Memberi petunjuk dalam melakukan sesuatu.
2) Memberi suatu keterangan tertentu.
3) Menyampaikan informasi yang sama kepada beberapa bagian yang berbeda.
4) Sebagai dasar petunjuk untuk bekerja.
Pernyataan di atas yang bukan merupakan fungsi dari formulir adalah ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

11. Jenis data yang harus diisikan saat melakukan transfer uang melalui bank adalah ....
a. alamat yang dituju
b. nomor rekening yang dituju
c. jenis kelamin pengirim uang
d. nomor KTP pengirim uang

12. Bacalah paragraf berikut!
Meningkatnya arus lalu lintas pada waktu mudik akan berdampak pada kerawanan lalu lintas. Kerawanan lalu lintas tersebut antara lain, kemacetan, kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas, dan kriminalitas di jalan raya. Kerawanan tersebut dikarenakan wilayah Jawa Tengah merupakan trans-Jawa. Di wilayah inilah transit bagi perjalanan baik dari barat maupun dari timur. Selain itu, wilayah Jawa Tengah juga merupakan titik lelah bagi pengemudi yang melakukan perjalanan trans Jawa.
Gagasan utama pada paragraf adalah ....
a. Meningkatnya arus lalu lintas saat mudik menyebabkan kerawanan lalu lintas.
b. Penyebab kerawanan lalu lintas yang terjadi saat arus mudik.
c. Arus mudik yang terjadi setiap tahun menyebabkan kemacetan lalu lintas.
d. Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu kerawanan lalu lintas.

13. Bacalah laporan berikut dengan seksama!
Siswa kelas VI SD Sidomukti melakukan pengamatan tentang kebersihan Pantai Teleng di Pacitan. Pengamatan dilakukan selama satu minggu. Pengamatan dilakukan mulai tanggal 17 sampai dengan 23 Mei 2021. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kondisi Pantai Teleng sangat kotor dan memprihatinkan. Kondisi pantai terlihat kumuh dan tidak sehat akibat pengunjung sering membuang sampah saat berada di pantai.
Topik yang tepat untuk laporan pengamatan tersebut adalah ....
a. Pengamatan yang dilakukan siswa kelas VI SD Sidomukti
b. Ombak pantai Teleng sangat tinggi.
c. Warga kurang peduli terhadap kebersihan pantai Teleng
d. Pengamatan kebersihan pantai Teleng

14. Bacalah paragraf berikut!
Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pewarna makanan.
Kesimpulan paragraf di atas adalah ....
a. Daun pandan wangi memiliki duri
b. Daun pandan wangi berbau harum
c. Daun pandan wangi memiliki rasa manis
d. Daun pandan wangi memiliki banyak manfaat

15. Tulisan yang isinya dibuat berdasarkan hasil penelitian/pengamatan secara langsung (fakta) untuk memberikan informasi kepada orang lain disebut ....
a. opini
b. laporan
c. cerpen
d. puisi

16. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi di rumah Ir. Soekarno yaitu JI. Pegangsaan Timur No. 56.
Kata tanya yang tepat untuk informasi kalimat tersebut adalah ....
a. di mana
b. kapan
c. mengapa
d. bagaimana

17. Bacalah paragraf berikut!
Pada hari Minggu, 14 Maret 2021, siswa SD Nusa 2 Bali berkunjung ke Pulau Komodo. Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.
Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ....
a. Kapan siswa SD Nusa 2 Bali berkunjung ke Pulau Komodo?
b. Mengapa Pulau Komodo menjadi habitat hewan komodo?
c. Siapa yang mengelola Kepulauan Nusa Tenggara?
d. Bagaimana cara siswa SD Nusa 2 Bali berkunjung ke Pulau Komodo?

18. Para hadirin dimohon segera memasuki ruangan!
Agar kalimat di atas menjadi efektif, kata yang seharusnya dihilangkan adalah ....
a. hadirin
b. dimohon
c. para
d. memasuki

19. Kata yang sudah benar dengan aturan maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia dan sumber utama yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebut ....
a. kalimat
b. kata baku
c. kata tidak baku
d. kalimat efektif

20. Bagian yang berisi tentang kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses yang berupa pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan adalah ....
a. pernyataan umum
b. deretan penjelas
c. interprestasi
d. topik masalah

21. Teks laporan pengamatan bersifat...
Jawab : Umum / Universal

22. (1) Kelelawar satu-satunya mamalia yang dapat terbang. (2) Beberapa tupai dapat meluncur dari pohon ke pohon, tetapi tidak dapat terbang. (3) Sayap kelelawar terdiri atas selaput kulit yang terbentang dari sisi badan hingga ujung tulang jari.
Kalimat yang memuat ide pokok terdapat pada kalimat nomor...
Jawab : 1

23. Bacalah paragraf berikut!
Panas atau demam yang tinggi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah dari tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani dokter.
Berdasarkan letak kalimat utamanya, maka paragraf di atas tergolong jenis paragraf...
Jawab : Deduktif

24. Bacalah paragraf berikut!
Sampah plastik berbahaya bagi penyu. Di lautan lepas, penyu sangat suka ubur-ubur. Jika sedang lapar, penyu bisa mengira sampah plastik sebagai makanannya. Jika penyu memakan plastik, hal tersebut berbahaya bagi tubuhnya dan bisa mengalami kematian. Tidak jarang penyu mati karena memakan sampah plastik di lautan.
Kalimat utama paragraf di atas adalah...
Jawab : Induktif

25. Bacalah laporan berikut!
Pada tanggal 13 Juli 2021 pagi hari, siswa kelas VI melakukan pengamatan Pasar Sapi Sidoharjo. Banyak jenis sapi didatangkan dari Klaten, Sragen hingga Pacitan oleh para pedagang. Banyak jenis sapi, seperti limosin, sapi brahman, hingga sapi lokal ada di sana.
Lokasi pengamatan pada laporan di atas adalah...
Jawab : Pasar

26. Achmad Subarjo Djojoadisuryo lahir di Karawang pada tanggal 23 Maret 1896 dan wafat 15 Desember 178.
lnformasi penting yang dapat ditemukan dengan menggunakan kalimat tanya "Di mana Achmad Subarjo dilahirkan?" adalah...
Jawab : Pertanyaanmengenai tempat atau lokasi sebuah peristiwa terjadi.

27. "lbu sangat setuju sekali dengan hasil pendapat dari kepala desa." Perbaikan yang tepat untuk kalimat di atas adalah...
Jawab : lbu sangat setuju dengan pendapat Kepala Desa.

28. Jawaban : Harimau sumatra punah karena perburuan besar-besaran yang dilakukan pada saat zaman kolonial, juga berkurangnya habitat hidup mereka.
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban di atas...
Jawab : Apa penyebab utama Harimau Sumatra punah?

29. Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah mengimbau masyarakat agar menghemat energi listrik melalui penerapan program sistim 17 - 12.
Kata baku yang tepat untuk kata yang dicetak miring adalah...
Jawab : Sistem

30. "Bandera merah putih telah disiapkan oleh lbu Fatmawati."
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban di atas adalah...
Jawab : Siapa yang menyiapkan bendera merah putih?

31. Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu atau terbentuknya fenomena alam dan sosial disebut...
Jawab : Teks eksplanasi

32. Urutan sebab akibat dan detail uraian penjelasan proses terjadinya sesuatu terdapat pada bagian...
Jawab : Deretan penjelas

33. Inti pada teks eksplanasi terdapat pada bagian...
Jawab : Urutan sebab akibat

34. Pada zaman moderen, teknologi berkembang sangat cepat. Kata baku yang tepat untuk kata yang dicetak tebal adalah...
Jawab : Modern

35. Perhatikan kalimat berikut!
"Beberapa orang-orang melarikan diri dari kebakaran."
Kalimat efektif yang tepat dari kalimat tersebut adalah...
Jawab : Beberapa orang yang melarikan diri dari kebakaran.

36. Jenis formulir yang diperlukan ketika melamar pekerjaan adalah...
Jawab : Daftar riwayat hidup

37. Formulir berupa lembar jawaban komputer yang digunakan untuk ujian masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya disebut formulir...
Jawab : LJK

38. Daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang berisi informasi tentang...
Jawab :  Dokumen yang berisi informasi terkait pribadi seseorang.

39. Kalimat dalam poster berisi kalimat...
Jawab : Mengandung kata-kata atau bahasa yang menarik

40. Saya pernah menjuarai beberapa perlombaan, yaitu juara 1 LCC tingkat kecamatan, juara 1 lomba bercerita tingkat kabupaten, dan juara 3 lomba olimpiade Sains tingkat kabupaten.
Bagian daftar riwayat hidup di atas menuliskan tentang...
Jawab : Prestasi


Unduh Soal PAS Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas 6 Terbaru


Bagi adik-adik kelas 6 atau Bapak / Ibu guru yang memerlukan file soal diatas, silahkan unduh pada tautan berikut :



Demikian informasi tentang Soal PAS B.Indonesia 2023 Semester 1 Kelas 6 & Jawaban yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal PAS B.Indonesia 2023 Kelas 6 Semester 1 & Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel