Jawaban Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan - Hallo sahabat Bank Soal, informasi kali ini yang akan disajikan adalah referensi jawaban Pelatihan Mandiri pada Modul Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, jadi simak baik-baik informasi berikut :




Kunci Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan



I. Materi Visi & Misi Satuan Pendidikan

1. Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu:
Jawab : Visi tidak harus ideal

2. Budaya sekolah ditentukan oleh:
Jawab : Perwakilan seluruh warga sekolah.

Cerita Reflektif : Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?
Jawab : Menurut saya, sekolah impian adalah sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter. Dimana proses menguatkan nilai budi pekerti dan nilai-nilai moral menjadi hal yang wajib dilakukan pada dunia pendidikan.

II. Materi Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Sebelum merumuskan Tujuan Pembelajaran kita perlu
Jawab : Semua benar

2. Apa langkah pertama yang perlu dilakukan saat merumuskan ATP?
Jawab : Memahami CP dan karakteristik mata pelajaran

Cerita Reflektif : Hal apa yang membuat Ibu dan Bapak Guru menyukai mata pelajaran yang saat ini diampu?
Jawab : Saya mengampu mata pelajaran TIK, dimana para siswa sudah sangat familiar dengan perkembangan teknologi. Tetapi kebanyakan siswa hanya tahu sebatas "Bagaimana cara menggunakannya". Namun tidak bagaimana sisi positif dan negatifnya secara detail, misalnya "Pencurian Data" dan lain sebagainya. Nah, hal inilah yang membuat para siswa bersemangat untuk berdiskusi dan literasi. Itulah yang saya sukai dari mata pelajaran saya.


Kunci Post Test Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan



1. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
Wawancara.
  1. Pemilihan informasi yang relevan.
  2. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
  3. Merumuskan misi sekolah.
  4. Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
Jawab : 1,2,3,5,4

2. Bu Meiske adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:
  1. sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;
  2. sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;
  3. semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
  4. sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.
Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?
Jawab : Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.

3. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah.
Jawab : Benar

4. Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk mewujudkan hal tersebut , kecuali
Jawab : Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

5. Perhatikan beberapa komponen berikut:
  1. Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran
  2. Menguraikan Capaian Pembelajaran
  3. Menentukan Tujuan Pembelajaran
  4. Menentukan metode pembelajaran
  5. Memahami isi CP
  6. Menentukan rencana asesmen
Urutan yang direkomendasikan dalam membuat perencanaan pembelajaran dari Capaian Pembelajaran adalah...
Jawab : 5-2-1-3-6-4

6. Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah...
Jawab : Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama

7. Bu Ika adalah seorang guru Sejarah. Ia sedang menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk materi “Kerajaan Islam”. Dalam melakukan hal ini menurut Bu Ika peserta didik perlu belajar “menganalisis kerajaan islam dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global”. Hal ini artinya Bu Ika memahami bahwa dalam penyusunan ATP harus mempertimbangkan.
Jawab : Cakupan dan keluasan TP

8. Perhatikan pengaturan waktu belajar yang disusun berikut:
  1. Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA akan diajarkan dari jam 07.00- 12.00 dalam semester 1
  2. Dalam satu tahun ajaran, pembelajaran IPS dibagi ke dalam 4 waktu (masing-masing 3 bulan). Mata pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi akan diajarkan secara bergantian di setiap semester. Semester 1 untuk Geografi dan Sejarah. Pada semester 2 untuk mata pelajaran Ekonomi dan Sosiologi.
Pengaturan waktu belajar seperti diatas merupakan contoh pengaturan belajar dengan model.
Jawab : Blok


Demikian informasi tentang Jawaban Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow agar selalu dapat notifikasi informasi terbaru. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel