Soal Peniaian Sumatif BAB 6 IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka & Jawaban

Contoh Soal Penilaian Harian BAB 6 Mapel IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka - Penilaian Sumatif Akhir Materi bertujuan untuk memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa telah memahami materi yang telah diajarkan dan memberikan umpan balik kepada siswa dan guru tentang kemajuan belajar mereka.

Sumatif Akhir Materi dapat berupa berbagai bentuk, termasuk ujian tertulis, proyek, tugas, atau penugasan lainnya yang menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Hasil dari sumatif ini digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa, serta untuk membantu guru dalam menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.


Contoh Soal & Jawaban Asesmen Formatif IPAS BAB 5 Kelas 5 Kurikulum Merdeka



Topik A: Bagaimana Bentuk Indonesiaku?

1. Gambaran lokasi suatu tempat pada bidang datar dengan skala tertentu disebut ....
A. globe
B. peta
C. atlas
D. legenda

2. Bagian dari peta yang menjelaskan arti simbol-simbol yang digunakan disebut ....
a. skala
b. legenda
c. arah mata angin
d. garis lintang dan bujur

3. Negara yang sebagian besar rakyatnya bermata pencarian dengan bercocok tanam disebut ....
a. negara agraris
b. negara maritim
c. negara industri
d. negara jasa

4. Indonesia disebut negara maritim karena ....
a. memiliki banyak gunung berapi
b. memiliki banyak hutan lebat
c. memiliki garis pantai yang panjang
d. memiliki banyak pulau

5. Jenis peta yang menggambarkan seluruh ketampakan permukaan bumi adalah ....
a. peta dunia
b. peta benua
c. peta negara
d. peta kota

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan peta dan sebutkan fungsinya!
Jawab : Peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada bidang datar dengan skala tertentu. Skala ini menunjukkan perbandingan jarak sebenarnya di permukaan bumi dengan jarak yang digambarkan pada peta. Peta dapat disajikan dalam berbagai bentuk, seperti peta cetak, peta digital, dan peta interaktif.

Fungsi Peta:
  • Informasi Spasial: Peta memberikan informasi tentang lokasi, bentuk, dan ukuran suatu tempat. Hal ini membantu kita untuk memahami hubungan spasial antara tempat-tempat yang berbeda.
  • Navigasi: Peta membantu kita untuk menemukan jalan dan menentukan arah. Kita dapat menggunakan peta untuk merencanakan perjalanan, mencari objek wisata, atau menemukan lokasi penting lainnya.
  • Analisis: Peta dapat digunakan untuk menganalisis berbagai data, seperti data demografi, data ekonomi, dan data lingkungan. Hal ini membantu kita untuk memahami pola dan tren yang ada di suatu wilayah.
  • Pendidikan: Peta digunakan dalam pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep-konsep geografis. Peta dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai topik, seperti sejarah, budaya, dan ilmu pengetahuan alam.
  • Komunikasi: Peta digunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Peta dapat digunakan untuk menjelaskan rencana, menunjukkan lokasi suatu tempat, atau menceritakan suatu kisah.

7. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan?
Jawab : Indonesia disebut negara kepulauan karena memiliki beberapa ciri khas yang menunjukkan karakteristik sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau, yaitu:
  • Jumlah Pulau yang Sangat Banyak
  • Persebaran Pulau yang Luas
  • Keanekaragaman Hayati yang Tinggi
  • Budaya dan Adat Istiadat yang Beragam
  • Keterkaitan Antar Pulau

8. Sebutkan dan jelaskan 3 ciri khas wilayah Indonesia bagian barat!
Jawab :  Wilayah Indonesia bagian barat, yang meliputi Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan wilayah lain di Indonesia. Berikut adalah 3 ciri khas utama wilayah Indonesia bagian barat:
  • Flora dan Fauna yang Beragam
  • Suku Bangsa dan Budaya yang Beragam
  • Aktivitas Ekonomi yang Beragam
  • Topografi yang Beragam
  • Iklim Tropis


Topik B: Indonesiaku Kaya Hayati!

1. Flora khas Indonesia yang tumbuh di hutan hujan tropis adalah ....
a. bunga bangkai
b. edelweis
c. pohon cendana
d. pohon Pinus

2. Fauna khas Indonesia yang hidup di hutan bakau adalah ....
a. komodo
b. orang utan
c. badak jawa
d. bekantan

3. Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia adalah ....
a. melakukan perburuan liar
b. menebang hutan secara liar
c. mendirikan taman nasional
d. membakar hutan

4. Manfaat hutan bagi manusia adalah ....
a. sebagai sumber air bersih
b. sebagai tempat wisata
c. sebagai habitat flora dan fauna
d. semua jawaban benar

5. Sebutan untuk wilayah Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan tinggi adalah ....
a. wilayah barat
b. wilayah tengah
c. wilayah timur
d. wilayah pesisir

6. Jelaskan mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi!
Jawab : Ada beberapa faktor utama yang berkontribusi terhadap keanekaragaman hayati yang tinggi di Indonesia:
  • Letak Geografis
  • Kondisi Alam yang Beragam
  • Evolusi dan Spesiasasi

7. Sebutkan dan jelaskan 3 manfaat hutan bagi manusia!
Jawab : Hutan memiliki peran penting bagi kehidupan manusia dan keseimbangan alam. Berikut adalah 3 manfaat utama hutan bagi manusia:
  • Menjaga Kualitas Udara
  • Menjaga Sumber Air
  • Menyediakan Berbagai Sumber Daya Alam
  • Habitat bagi Keanekaragaman Hayati
  • Tempat Wisata Alam
  • Sumber Penelitian dan Pendidikan

8. Bagaimana cara kita menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia?
Jawab : Menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia merupakan tanggung jawab kita semua. Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia:
A. Melestarikan Hutan:
  • Mencegah penggundulan hutan liar: Penebangan pohon secara liar dapat merusak habitat flora dan fauna. Kita perlu melaporkan aktivitas penebangan liar kepada pihak berwenang.
  • Melakukan reboisasi: Penanaman kembali pohon di kawasan hutan yang gundul dapat membantu memulihkan habitat flora dan fauna.
  • Menjaga kebersihan hutan: Membuang sampah pada tempatnya dan tidak membakar hutan merupakan cara untuk menjaga kebersihan hutan dan mencegah kerusakan habitat flora dan fauna.
B. Melindungi Hewan Liar:
  • Tidak membeli hewan liar: Permintaan akan hewan liar mendorong perburuan liar. Hindari membeli hewan liar, baik untuk peliharaan maupun untuk tujuan lainnya.
  • Melaporkan aktivitas perburuan liar: Laporkan kepada pihak berwenang jika melihat aktivitas perburuan liar.
  • Mendukung program konservasi: Mendukung program konservasi hewan liar, seperti penangkaran dan pelepasliaran hewan liar ke alam liar.
C. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat:
  • Pendidikan lingkungan: Memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian flora dan fauna.
  • Kampanye dan sosialisasi: Melakukan kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara-cara menjaga kelestarian flora dan fauna.
  • Melibatkan masyarakat dalam upaya pelestarian: Melibatkan masyarakat dalam upaya pelestarian flora dan fauna, seperti program penghijauan dan penangkaran hewan liar.
D. Menerapkan Peraturan dan Perundang-undangan:
  • Membuat undang-undang dan peraturan yang melindungi flora dan fauna: Undang-undang dan peraturan ini harus mengatur tentang perburuan liar, perdagangan hewan liar, dan penebangan hutan liar.
  • Menegakkan hukum dengan tegas: Penegakan hukum yang tegas terhadap pelanggar undang-undang dan peraturan tentang flora dan fauna sangatlah penting untuk melindungi kelestarian flora dan fauna.
E. Kerjasama Internasional:
  • Berbagi informasi dan pengetahuan: Berbagi informasi dan pengetahuan dengan negara lain tentang upaya pelestarian flora dan fauna.
  • Mendukung program konservasi internasional: Mendukung program konservasi internasional yang bertujuan untuk melindungi flora dan fauna langka.


Demikian informasi tentang Soal Peniaian Sumatif BAB 6 IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka & Jawaban yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal Peniaian Sumatif BAB 6 IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka & Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel