Soal & Kunci Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Semester 1 SMK 2022

Unduh Soal & Kunci Sumatif Akhir Semester (SAS) Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (DDMPLB) Kelas 10 SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023 - Asesmen sumatif dilaksanakan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau capaian pembelajaran peserta didik. Asesmen sumatif berfungsi sebagai alat ukur untuk mengatahui pencapaian hasil belajar peserta didik dalam satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu, mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan dan menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik di kelas atau jenjang berikutnya.

Untuk membantu adik-adik kelas 10 dalam belajar, Bank Soal menyediakan Soal dan Jawaban SAS Ganjil Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 Tahun 2022/2023.



Download Soal & Kunci Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas 10 SMK 


1. Proses pemberian layanan kepada pelanggan/konsumen baik yang bersifat materi maupun non non materi untuk pemenuhan kepuasan pelanggan adalah pengertian dari....
A. layanan pelanggan
B. layanan bisnis
C. layanan usaha
D. pelayanan pelanggan
E. layanan konsumen 

2. Jenis layanan bisnis yang dilakukan dengan bertemu langsung secara fisik dengan pelanggan adalah....
A. layanan pelanggan melalui email atau telepon
B. layanan pelanggan melalui livechat
C. layanan self-service
D. layanan pelanggan berjalan
E. layanan pelanggan melalui komunitas atau forum

3. Proses merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi aktivitas kantor dalam mewujudkan kantor sebagai penyedia layanan informasi dan komunikasi untuk membantu pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien adalah pengertian dari….
A. manajemen perkantoran
B. asas manajemen perkantoran
C. manajemen informasi
D. hubungan masyarakat
E. manajemen bisnis

4. Aktivitas yang terukur dan terstruktur untuk memproduksi output tertentu untuk kalangan pelanggan tertentu. terdapat didalamnya penekanan yang kuat pada “bagaimana” pekerjaan itu dijalankan di suatu organisasi, tidak seperti fokus dari produk yang berfokus pada aspek “apa” merupakan pengertian dari....
A. layanan bisnis
B. jenis bisnis
C. proses bisnis
D. output
E. input 

5. Proses bisnis yang bertujuan untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi adalah....
A. manufaktur
B. penjualan
C. pembelian
D. output
E. input 

6. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari proses bisnis adalah....
A. menjelaskan laporan yang menjelaskan mengenai perusahaan saat ini
B. meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melihat peluang bisnis baru serta pergerakan pesaing
C. mempercepat respon perusahaan terhadap tantangan bisnis yang bisa muncul secara tidak terduga
D. menjadi solusi yang bisa membantu perusahaan melihat gambaran bisnis secara menyeluruh dan realtime
E. memberi nilai tambah bagi pesaing 

7. Jenis bisnis berdasarkan motifnya dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu....
A. bisnis berorientasi pada keuntungan/profit dan bisnis yang tidak berorientasi pada keuntungan/profit
B. yayasan dan organisasi sosial
C. PT dan koperasi
D. badan usaha berbentuk badan hukum dan bukan badan hukum
E. firma dan CV

8. Berikut ini yang merupakan karakteristik bisnis kecuali....
A. lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi
B. berhubungan dengan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia
C. mencari laba
D. menentukan harga yang sesuai
E. tidak mungkin mengalami kerugian

9. Dalam mencapai efisiensi kantor karyawan harus dipilih, dilatih, dan ditugaskan melalui penilaian yang tepat. Oleh karena itu evaluasi terhadap karyawan harus selalu dilakukan setiap waktu untuk mencapai kinerja puncak. Penjelasan tersebut merupakan salah satu fungsi pendukung kantor yaitu….
A. menjamin keamanan asset
B. melaksanakan fungsi manajemen
C. mengendalikan karyawan kantor
D. mengendalikan formular kantor
E. menjamin ketersediaan alat tulis kantor

10. Langkah pertama yang dilakukan untuk merekam informasi adalah….
A. menyortir informasi kedalam kategori atau kelompok tertentu
B. mencatat informasi menggunakan computer
C. mengolah data tersebut secara sistematis
D. menyalurkan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan
E. menerima informasi dari sumber internal dan eksternal

11. Terdapat 3 asas dalam manajemen perkantoran, yaitu….
A. sentralisasi, desentralisasi, dekonsentralisasi
B. sentral, desentral, dekonsentral
C. sentralisasi, desentralisisasi, dekonsentralisasi
D. sentralisiasi, desentralisasi, dekonsentralisasi
E. sentralisiasi, desentralisisasi, dekonsentralisiasi

12. Pelayanan lebih focus dan detail karena sudah terbagi sesuai dengan bidang/bagiannya sendiri merupakan salah satu ciri asas….
A. sentralisasi
B. sentralisisasi
C. desentralisasi
D. dekonsentralisasi
E. gabungan 

13. Di bawah ini yang tidak termasuk persyaratan K3 Perkantoran adalah….
A. kantor memiliki lantai yang terbuat dari bahan yang licin
B. benda berat pada filling cabinet diletakan di laci paling bawah
C. kantor terbebas dari penyebab elektrikal syok
D. siku meja dilapisi dengan bahan yang aman yang dapat melindungi karyawan
E. penempatan filling cabinet tidak mengganggu aktivitas karyawan

14. Setelah selesai bekerja, Ani selalu meletakan barang-barang yang ia gunakan sesuai dengan tempat asalnya. Perilaku ini merupakan konsep 5R yaitu….
A. rapi
B. rajin
C. resik
D. ringkas
E. rawat

15. Berikut ini yang bukan termasuk penyebab penyakit yang ditimbulkan akibat kerja adalah....
A. kelelahan, usia, dan pola hidup yang kurang sehat
B. bising, radiasi, dan suhu ekstrim
C. debu, uap, dan gas
D. bakteri, virus, dan jamur
E. stress, psikis, kerja yang monoton

16. Di bawah ini merupakan manfaat dari penerapan 5R di lingkungan kerja, kecuali….
A. membuat area kerja lebih bersih
B. mengurangi potensi kecelakaan kerja
C. mengurangi potensi kerusakan mesin
D. menurunkan produktivitas kerja
E. meminimalisasi waktu untuk mencari barang

17. Adanya perubahan  terhadap layanan kantor secara otomatis akan membawa keuntungan pekerjaan akan lebih cepat selesai dan lebih ringan, hal ini merupakan tujuan otomatisasi kantor….
A. menggabungkan penerapan teknologi
B. memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan kantor
C. meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerjaan
D. mendukung pengambilan keputusan
E. meningkatkan komunikasi internal yang lebih baik

18. Munculnya otomatisasi dalam bidang kehidupan manusia yang berdampak positif terhadap layanan mandiri (self sevice) membentuk pribadi yang lebih mandiri. Namun hal ini juga sekaligus berdampak negative terhadap hubungan antar manusia seperti….
A. kurangnya pengetahuan
B. kurangnya komunikasi
C. munculnya penyakit akibat teknologi
D. ada kecenderungan menjadikan manusia egois
E. munculnya gaya hidup boros hanya untuk memenuhi kebutuhan alat komunikasi

19. Perkembangan revolusi industri ditandai dengan diproduksinya mobil dengan sistem ban berjalan dan berdampak pada kondisi milliter yang perang dunia II termasuk periode tahapan….
A. revolusi industri 1.0
B. revolusi industri 2.0
C. revolusi industri 3.0
D. revolusi industri 4.0
E. revolusi industri 5.0

20. Seringnya di suatu perusahaan jika terjadi arus listrik mati atau mesin rusak maka akan timbul rasa tidak semangat untuk bekerja. Inilah salah satu dampak yang perlu diperhatikan seiring berkembangnya otomatisasi perkantoran yang terjadi di dunia kerja yaitu….
A. ketergantungan terhadap mesin
B. timbulnya masalah kesehatan
C. berkurangnya interaksi langsung sesame karyawan
D. munculnya kebutuhan/biaya lain
E. adanya perubahaan teknologi yang memberi dampak pada adaptasi teknologi baru

21. Proses layanan online akan cepat dilakukan, oleh karena data yang telah di input akan tersimpan dan terbaca dengan cepat oleh system, sesuai pada bagian atau tempat untuk melanjutkan proses. Hal tersebut merupakan manfaat teknologi perkantoran….
A. data yang tersimpan bersifat akurat
B. komunikasi antar unit dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
C. keamanan data terjamin
D. system kantor berjalan lebih efektif
E. pengelolaan penyimpanan data secara efektif

22. Setiap melakukan proses pembelian online secara COD (Cash on Delivery) maka kita akan diminta mengisi daftar pelanggan berikut dengan alamat pengirimannya. Maka manfaat dari teknologi perkantoran yang dirasakan adalah….
A. akurasi data terjamin
B. keamanan data terjamin
C. system pelayanan cepat
D. terjadi komunikasi yang baik
E. pekerjaan lebih mudah

23. Dewi adalah seorang sekretaris, ia diberikan tugas oleh atasannya untuk membuat sebuah laporan. Untuk mengerjakan laporan tersebut, Dewi memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menggunakan computer. Dalam hal ini, Dewi merasakan dampak positif dari perkembangan teknologi di sisi penggeraknya yaitu….
A. kualitas tenaga kerja meningkat
B. pendapatan meningkat
C. beban kerja menjadi lebih ringan
D. kualitas dan kuantitas produk meningkat
E. menimbulkan pemborosan

24. Pengaruh nyata adanya perkembangan teknologi perkantoran di dunia pendidikan adalah….
A. bel sekolah menggunakan lonceng
B. guru menjelaskan materi dengan menulis di papan tulis menggunakan kapur
C. ujian nasional berbasis computer
D. siswa mencari bahan belajar dari perpustakaan
E. pengumpulan tugas siswa dilakukan secara manual

25. Elektronik Calender yang menyediakan format umum untuk pertukaran kalender informasi melalui internet dengan system penyimpanan atribut meliputi durasi, lokasi, pengulangan dan kategori merupakan jenis elektronik calender….
A. Google Calender
B. iCal
C. Darwin Calender Server
D. SynML
E. Mac OS X

26. Untuk membuat kalender, brochure atau iklan aplikasi yang tepat dalam Microsoft Office adalah….
A. Ms Word
B. Ms Excel
C. Ms Powerpoint
D. Ms Publisher
E. Ms One Note

27. Komunikasi lisan secara internal yang secara terus menerus dilakukkan dalam organisasi untuk mengirimkan informasi secara cepat menggunakan teknologi….
A. Pengumuman
B. Intranet
C. Intercom
D. E-mail
E. Surat

28. Jenis video teks berikut merupakan aplikasi yang dapat didownload melalui HP Android secara gratis dan disediakan fitur-fitur menarik secara gratis tetapi membutuhkan pengaturan khusus untuk kondisi tertentu merupakan jenis….
A. Inshot
B. Intro Maker
C. Vidio Show
D. FilmoraGo
E. Quick-Editor Vidio

29. Jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung secara otomatis dan melakukan proses perumusan sebuah system hitungan adalah….
A. Ms Word
B. Ms Excel
C. Ms Powerpoint
D. Ms Publisher
E. Ms One Note

30. Berikut ini merupakan yang bukan pilihan metode pembayaran atas pembelian produk online adalah….
A. Dititipkan orang lain untuk membayar
B. Transfer bank
C. E-banking
D. Cash on delivery
E. Transfer melalui ATM

31. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai virtual office adalah….
A. pekerjaan dapat dilakukan dimanapun selama tempat itu terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik
B. dokumen yang digunakan yaitu dalam bentuk hard copy
C. tidak membutuhkan teknologi
D. dapat menghambat pekerjaan kantor
E. penggunaan waktu dan tenaga yang tidak efisien

32. Bekerja di rumah tanpa harus menggunakan kantor nyata merupakan salah satu bentuk manfaat virtual office….
A. efisien waktu
B. efisien tempat
C. efisien tenaga kerja
D. efisien biaya pengeluaran
E. efisien social

33. Sebuah bentuk aplikasi layanan perkantoran dengan format virtual yang bekerja secara online, merupakan pengertian dari….
A. virtual office
B. ruang kerja
C. aplikasi kerja
D. online conference
E. virtual meeting

34. Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat hubungan audio di antara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan konferensi merupakan pengertian dari….
A. voice mail
B. video conference
C. audio conferencing
D. electronic mail
E. electronic calendaring

35. Penggunaan jaringan computer untuk menyimpan dan membuat agenda acara yang telah ditetapkan merupakan salah satu jenis otomatisasi perkantoran yaitu….
A. Video conferencing
B. Audio conferencing
C. E-mail
D. Voice Mail
E. Electronic Calendering


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Jawaban Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Kelas X SMK, silahkan klik tautan berikut :


Demikian informasi tentang Soal & Kunci Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Semester 1 SMK 2022 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal & Kunci Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Semester 1 SMK 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel