Materi BAB 5 B.Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Rangkuman / Ringkasan Materi Bahasa Indonesia BAB 5 "Menjadi Warga Dunia" Kelas 5 Kurikulum Merdeka - Pada BAB 5 ini, peserta didik akan mempelajari beberapa unsur kebahasaan yaitu singkatan dan akronim, fakta dan opini, iklan, menulis surel, menulis teks eksplanasi dan melakukan presentasi. Berikut penjelasan lengkapnya :




Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 BAB 5 Kurikulum Merdeka



A. Singkatan dan Akronim



Singkatan dan akronim adalah ringkasan atau kependekan dari kata-kata yang panjang. Singkatan adalah hasil ringkasan berupa huruf atau gabungan huruf. Akronim adalah kependekan berupa gabungan suku kata yang membentuk kata baru. Keduanya bertujuan untuk memudahkan dalam mengingat dan menyebutkan dari hal-hal yang dimaksudkan.

Contoh Singkatan dan Akronim



Fakta dan Opini


Fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan dan benar-benar terjadi. Opini adalah pendapat atau pikiran. Contoh :
1. Kucing mempunyai empat kaki (Fakta). Memelihara kucing itu menyenangkan (Opini), karena idak semua orang suka memelihara kucing.
2. Jarak dari rumahku ke sekolah adalah 5 kilometer (Fakta). Jarak dari rumahku ke sekolah sangat jauh (Opini).
3. Selama BDR, pelajaran yang paling sulit diikuti adalah Matematika (Fakta). Selama BDR, aku diajar oleh tetanggaku yang kuliah di Fakultas MIPA (Opini).


Teks Eksplanasi



Kali ini, kalian akan membuat sebuah teks eksplanasi yang berisi tulisan informatif dengan topik fenomena alam. Teks eksplanasi adalah tulisan yang berisi penjelasan informatif mengenai kejadian alam, misalnya gerhana matahari, gunung berapi, atau pelangi. Sebelum menulis, kalian akan ditugaskan untuk melakukan riset agar memiliki cukup informasi untuk dibagi.

Riset dapat dilakukan lewat membaca buku, pencarian internet, pengamatan, atau survei. Catat hasil riset dengan menyertakan sumber. Setelah itu, buatlah sebuah tulisan ringkas, jelas, dan menarik untuk dibaca tentang topik pilihan kalian.
1. Tentukan topik. Pilihlah topik yang menarik minat kalian.
2. Cari tahu. Apa yang ingin kalian ketahui? Buat daftar pertanyaannya.
3. Catat hasil temuan. Gunakan kata-kata kalian sendiri dalam merangkum hal-hal penting. Jangan lupa mencatat sumber informasi.
4. Buat tulisan informatif yang menarik bagi pembaca. Kalian dapat menyusun tulisan dengan langkah-langkah/panduan berdasarkan tabel proses riset dan menulis.


Demikian informasi tentang Materi BAB 5 B.Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Materi BAB 5 B.Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel