Materi Unit 3 Seni Tari Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Rangkuman / Ringkasan Materi Seni Tari Unit 3 "Karya Tariku" Kelas 5 Kurikulum Merdeka Pada unit pembelajaran 3, peserta didik diharapkan dapat menghargai hasil karya tari melalui kreativitas mengembangkan gerak tari tradisi dengan menerapkan desain kelompok serempak (unison), desain berimbang (balanced), dan desain selang-seling (alternate) serta unsur pendukung tari.

Melalui kegiatan ini peserta didik dibimbing untuk bekerja sama mengembangkan ide dan gagasannya menjadi satu konsep penyajian tari tradisi dengan bentuk baru. Perbedaan hasil konsep penyajian ini juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap saling menghargai perbedaan budaya yang kita miliki.




Materi Seni Tari Kelas 5 Unit 3 Kurikulum Merdeka



A. Pengertian Tari


Tari adalah ungkapan perasaan manusia yang diungkapkan melalui gerak yang ritmis dan indah (Sudarsono, 1981). Dengan demikian gerak merupakan media untuk mengekpresikan ide koreografer menjadi satu rangkaian tari. Yang dinamakan gerak tari adalah gerak yang di “rombak” (Soedarsono, 1992). Artinya gerak keseharian tidak dapat dinamakan gerak tari karena belum diubah menjadi lebih halus.


B. Unsur Tari


1. Gerak

Menurut bentuknya, gerak terbagi menjadi dua, yaitu gerak maknawi dan gerak murni. Gerak maknawi adalah gerak wantah yang telah diubah menjadi gerak yang memiliki makna. Sedangkan gerak murni adalah gerak wantah yang telah diubah menjadi indah namun tidak memiliki makna.

Menurut aktivitasnya, gerak dibagi menjadi gerak lokomotor dan non lokomotor. Gerak lokomotor yaitu gerak yang dilakukan dengan berpindah tempat, dapat dilakukan dengan bergeser, melangkah, meluncur atau melompat. Gerak non lokomotor adalah gerak yang dilakukan tanpa berpindah tempat.

2. Ruang

Ruang terbagi menjadi dua, yaitu ruang yang diciptakan oleh penari dan ruang tempat penari melakukan gerak. Ruang yang diciptakan penari adalah ruang yang terbentuk oleh jangkauan terjauh dari tangan dan kaki penari dalam keadaan tidak perpindah tempat sebagai batasan imajinasi penari.

Contohnya Ketika penari melakukan satu gerakan dengan kedua tangan ke atas dan ke bawah akan menciptakan ruang lebar atau sempit tergantung dengan cara penari melakukan gerakan. Sedangkan ruang tempat penari melakukan gerak diartikan sebagai wilayah yang dilalui penari (pola lantai) saat melakukan gerak, baik itu di atas panggung tertutup atau halaman terbuka.

Ruang gerak terdiri dari volume, garis, arah hadap, fokus, dan level. Volume adalah besar atau kecilnya jangkauan gerak penari. Pada gambar Unsur garis dapat dilihat dari gerak yang dilakukan penari di atas pentas yaitu garis lengkung atau garis lurus.

Arah hadap adalah arah penari ketika melakukan gerak, yaitu depan, belakang, samping kanan, samping kiri, serong kanan, serong kiri, dan lain sebagainya. Sedangkan fokus adalah arah atau sudut pandang penonton terhadap penari. Unsur yang terakhir adalah level. Level adalah tinggi rendahnya gerakan yang dibuat penari. 

3. Waktu

Waktu juga merupakan penentu dalam membangun gerak tari. Dalam waktu ada dua aspek yang penting untuk dipahami yaitu ritme dan tempo (Sekarningsih & Rohayani, 2001). Ritme adalah ukuran waktu dari setiap perubahan detail gerak. Hal ini terkait dengan cepat atau lambatnya penari dalam menyelesaikan setiap gerakan. Sedangkan tempo adalah kecepatan gerak tubuh penari yang ditandai dengan panjang atau pendeknya waktu yang yang diperlukan.

4. Unsur Tenaga

Tenaga merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam rangkaian gerak tari. Tenaga dalam tari diartikan sebagai kekuatan yang mengawali, mengendalikan, dan menghentikan gerak.

Perubahan-perubahan dalam menggunakan tenaga dalam tari akan menumbuhkan atau mempengaruhi penghayatan terhadap tari. Aspek-aspek yang terkait dengan penggunaan tenaga adalah intensitas, aksen/tekanan, dan kualitas. Instensitas berhubungan dengan banyak sedikitnya tenaga yang digunakan, sehingga menghasilkan tingkatan tenaga.

Aksen/tekanan merupakan tenaga yang terjadi karena adanya perubahan pada penggunaan tenaga yang dilakukan dengan tiba-tiba dan kontras. Kualitas berkaitan dengan penggunaan tenaga atau penyaluran tenaga.


Demikian informasi tentang Materi Unit 3 Seni Tari Kelas 5 Kurikulum Merdeka yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Materi Unit 3 Seni Tari Kelas 5 Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel