Materi Unit 2 Seni Tari Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Rangkuman / Ringkasan Materi Seni Tari Unit 2 "Desain Kelompok Dalam Tari Tradisi" Kelas 5 Kurikulum Merdeka - Unit pembelajaran 2 menekankan pada kreativitas peserta didik untuk membuat desain kelompok. Pada pembelajaran ini desain kelompok yang dipelajari yaitu desain serempak (unison), desain berimbang (balanced), dan desain selang-seling (alternate).

Pada prosesnya peserta didik dibimbing untuk menemukan desain kelompok pada tari tradisi, dalam hal ini adalah tari Jepin Selendang atau tari tradisi lainnya. Dengan adanya beberapa desain kelompok yang ditemukan diharapkan dapat menumbuhkan rasa saling menghargai perbedaan melalui pemahaman desain kelompok.




Materi Seni Tari Kelas 5 Unit 2 Kurikulum Merdeka



A. Desain Kelompok


Terdapat lima bentuk desain kelompok diantaraanya unison atau serempak, balance atau seimbang/berimbang, broken atau terpecah, alternate atau selang-seling, dan canon atau bergantian.

Desain serempak (unison) mengharuskan penari bergerak serentak. Gerak serentak yang dilakukan pada posisi/pola lantai garis lurus melintang pada panggung akan memberikan kesan teratur, formil dan kuno. Desain unison yang dilakukan pada pola lantai V atau V terbalik memberikan kesan intelektual dan manis. Sedangkan lingkaran memberi kesan spiritual.

Posisi penari pada desain berimbang atau balanced dibagi menjadi dua kelompok yang sama. Tiap kelompok ditempatkan pada dua desain lantai (pola lantai) di kanan dan di kiri panggung.

Silih berganti (canon), yaitu komposisi antara satu atau dua gerak diulang atau dimulai oleh penari-penari tertentu secara silih berganti. Sebagai contoh, untuk melakukan gerak gelombang air, penari yang terdiri atas tujuh orang dapat memperagakan gerak secara silih berganti.

Berbeda halnya dengan gerak broken yang merupakan gerak pada komposisi tari kelompok adakalanya dilakukan secara terpecah. Misalnya 7 penari diawali membentuk lingkaran dengan gerak serentak, lalu pada hitungan berikutnya masing-masing penari bergerak kesegala arah memberikan kesan terpecah dari lingkaran dengan gerak yang dilakukan berbeda pula pada masing2 penari.


B. Pola Lantai


Pola lantai (Floor Design) merupakan salah satu bagian dari unsur pendukung dalam sebuah tari. Pola lantai terdiri dari dua pola garis, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis-garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut. Adapun bentuk garis lurus diantaranya seperti garis lurus ke depan, ke samping, ke belakang, maupun serong. Bentuk garis lengkung seperti lingkaran, spiral, atau angka delapan.


Demikian informasi tentang Materi Unit 2 Seni Tari Kelas 5 Kurikulum Merdeka yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Materi Unit 2 Seni Tari Kelas 5 Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel