Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia

Unduh Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia Semester Genap - Karya ilmiah menyajikan fakta objektif, menyajikan pengetahuan, menyajikan data, mengandung kebenaran yang objektif menggunakan bahasa baku, menggunakan skema tertentu, dan tidak emotif. Menganalisis artinya melakukan kegiatan pencermatan lebih dalam tentang objek yang diamati, yaitu karya ilmiah. Pembuatan karya ilmiah menggunakan sistematika penulisan yang sudah ditetapkan.


Ciri-Ciri Karya Ilmiah

a. Menyajikan fakta objektif
Karya ilmiah harus bersifat objektif. Hal ini sangat penting karena karya ilmiah tidak dibuat berdasarkan perasaan penulisnya. Karya ilmiah harus menunjukkan fakta-fakta dan data-data dari hasil analisis.
b. Menyajikan pengetahuan
Karya ilmiah menyajikan pengetahuan berupa gagasan, deskripsi tentang sesuatu atau pemecahan atas suatu masalah.
c. Menyajikan data
Karya ilmiah menyajikan pengetahuan yang didasarkan pada data (kajian empirik) atau pada teori-teori yang telah diakui kebenarannya.
d. Mengandung kebenaran yang objektif
Karya ilmiah mengandung kebenaran yang objektif  (hasil sebenarnya) serta kejujuran dalam penulisan ( hasil karya sendiri bukan plagiat).
e. Menggunakan bahasa baku
Penggunaan bahasa baku meliputi setiap aspek penulisannya, mulai dari penulisan sumber, teori, hingga penulisan kesimpulan. Selain istilah-istilah denotatif ( istilah yang dapat ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia), karya ilmiah disusun menggunakan bahasa baku yang banyak menggunakan istilah teknis.
f. Menggunakan skema tertentu
Karya tulis ilmiah ditulis dengan skema tertentu.
g. Tidak emotif
Karya ilmiah ditulis dengan tidak melibatkan aspek perasaan dari penulisnya. Sebab, karya ilmiah harus memaparkan fakta yang didapatkan dari hasil analisis penelitian, bukan dari perasaan subjektif dari penulisnya ( menimbulkan/membangkitkan emosi).

Menganalisis Sistematika Karya Ilmiah

Menganalisis berarti melakukan kegiatan pencermatan lebih dalam tentang objek yang diamati, yaitu karya ilmiah. Salah satu jenis karya ilmiah yang akan dianalisis sistematikanya adalah artikel karya ilmiah. Pembuatan karya ilmiah menggunakan sistematika penulisan yang sudah ditetapkan. Jadi, penulisan sebuah karya ilmiah harus melihat, mempertimbangkan, dan mengacu pada sistematika.
Beberapa bagian penting dari struktur artikel karya ilmiah sebagai berikut:
a. Judul
b. Pendahuluan
c. Kerangka teoritis
d. Metodelogi penelitian
e. Pembahasan
f. Simpulan saran
g. Daftar pustaka

Contoh Hasil Analisis Sistematika Karya Ilmiah

Judul Karya Ilmiah
Implementasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Memahami Teks Sastra Tradisional melalui Media Pembelajaran Peta Pikiran Digital
(Penulis: Aji Septiaji-Jurnal Commincare, Vol. 1, No. 1, Oktober 2016)

Sistematika
1. Abtrak
2. Pendahuluan
3. Kajian Teoretis
4. Simpulan
5. Daftar Pustaka

Analisis
Penulis memanfaatkan media pembelajaran peta pikiran digital sebagai solusi kreatif dan menyenangkan bagi siswa dalam memahami teks sastra tradisional terhadap isi teks. Dalam karya ilmiah ini, sistematikanya tidak terlalu banyak, dikategorikan bukan hasil penelitian melainkan kajian teoritis atau hanya membahas tentang beberapa permasalahan dan solusinya, belum ada kajian metodologi dan hasil penerapannya.

Menyusun Karya Ilmiah 

Untuk menulis karya ilmiah yang baik, langkah-langkah yang harus kita tempuh adalah sebagai berikut.
a. Menentukan Topik
Langkah awal menulis sebuah karya ilmiah adalah menentukan topik. Langkah awal itu lebih tepatnya disebut sebagai penentuan masalah apabila karya ilmiah yang akan ditulis berupa laporan hasil penelitian. Baik itu berupa topik maupun rumusan masalah, hal-hal yang harus diperhatikan pada langkah ini adalah topik/masalah itu haruslah:
1) menarik perhatian penulis,
2) dikuasai penulis
3) menarik dan aktual, serta
4) ruang lingkupnya terbatas.
b. Membuat Kerangka Tulisan
Langkah ini penting dilakukan untuk menjadikan tulisan kata tersusun secara lebih sistematis. Langkah ini juga sangat membantu di dalam penelusuran sumber-sumber yang diperlukan di dalam pengembangannya.

Contoh Kerangka Tulisan Karya Ilmiah

Peranan Pemuda dalam Pembangunan
1. Pendahuluan
Peranan pemuda dalam sejarah perjuangan bangsa:
a. pemuda pada masa prakemerdekaan
b. pemuda di zaman kemerdekaan; dan
c. pemuda di masa pembangunan.
2. Pembahasan
a. potensi pemuda sebagai modal dasar pembangunan bangsa;
b. sektor-sektor pembangunan yang dapat diisi oleh pemuda; dan 
c. faktor penunjang dan kendala:
1) kendala psikologis
2) kendala sosial, dan
3) kendala ekonomi
3. Penutup

Kerangka tersebut dikembangkan dari topik “ Peranan Pemuda dalam Pembangunan”. Sesuai dengan struktur umum karya ilmiah, topik itu pun kemudian dikembangkan ke dalam tiga bagian: pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Dengan kerangka seperti itu, kita bisa memetakan bahasan-batasan yang dianggap relevan dengan topik yang dibahas.
Kerangka itu pun membantu kita untuk mencari sumber-sumber yang diperlukan. Berdasarkan kerangka itu, misalnya kita perlu data ataupun teori tentang potensi-potensi pemuda dan sector-sektor pembangunan. Selain itu, kita pun perlu sumber-sumber berkenaan dengan faktor penunjang dan kendala-kendala dalam implementasi peranan pemuda dalam pembangunan.

c. Mengumpulkan Bahan
Langkah ini sangat penting di dalam menyusun sebuah karya ilmiah. Berbeda dengan menulis fiksi yang bisa saja berdasarkan imajinasi, karya ilmiah tidaklah demikian. Agar tulisan ini tidak kering, kita memerlukan sejumlah teori dan data yang mendukung terhadap topik itu. Bahan-bahan yang dimaksud dapat bersumber dari buku, jurnal ilmiah, surat kabar, internet, dan sumber-sumber lainnya. Adapun data itu sendiri dapat diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, angket, dan teknik-teknik pengumpulan data lainnya.

d. Pengembangan Kerangka Menjadi Teks yang Utuh dan Lengkap
Kerangka yang telah dibuat, kita kembangkan berdasarkan teori dan data yang telah dipersiapkan sebelumya. Langkah pengembangan tersebut harus pula memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku pada penulisan karya ilmiah.


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Materi Karya Ilmiah Kelas XI Bahasa Indonesia, silahkan klik link berikut ini  : 


Demikian informasi tentang Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel