Unduh Buku Seni Teater Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Buku Siswa & Buku Guru Seni Teater Kelas 7 SMP Pada Kurikulum Merdeka - Seni Teater di sekolah umum, terlebih untuk pendidikan setara SMP, tidak dimaksudkan untuk menyiapkan siswa sebagai seniman atau pekerja teater. Seni Teater dalam sekolah umum, sebagai pembelajaran intrakurikuler, adalah merupakan media pendidikan.

Kurasi profesional tentu bukan standar untuk menilai karya seni hasil pembelajaran siswa karena memang yang menjadi tujuan utama pembelajaran Seni Teater bukanlah hasilnya. Siswa tetap belajar untuk dapat memahami Seni Teater dan menguasai dasar-dasar keterampilan berlaku peran, tetapi yang lebih utama adalah intensitas keterlibatan siswa dalam dinamika proses pembelajaran Seni Teater.

Melalui Seni Teater siswa juga belajar mengenali dan memaknai nilai kodrati manusia sebagai makhluk bermain (homo ludens). Pada perkembangan tertentu, kegiatan bermain menunjukkan kecenderungan manusia untuk meniru (mimesis) apa yang dialami, dilihat, dan didengar.

Namun dalam pengertian kodrati, homo ludens adalah citra makhluk pekerja yang dengan akal budinya mampu mengembangkan kemampuannya untuk mengolah lingkungan baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam sekitarnya.




Seni Teater merupakan ruang yang cukup bagi siswa untuk melatih kemampuannya mengejawantahkan nilai-nilai sosial. Watak Seni Teater yang kolaboratif menuntut setiap pekerja teater untuk mampu meleburkan sikap egois ke dalam sikap kegotongroyongan.

Melalui tuntutan disiplin kerja kolaboratif dalam berteater siswa membiasakan untuk dapat mengendalikan temperamen dan kepentingan diri dengan menyediakan hati dan telinganya untuk mendengarkan pendapat orang lain, meringankan tangan dan kaki untuk bekerja dengan orang lain dalam mencapai tujuan bersama.

Meskipun pembelajaran Seni Teater tidak secara verbal mengajarkan tentang kodrat manusia sebagai sahabat bagi yang lainnya (homo socius), namun praktek dan disiplin berteater menuntun siswa pada pemahaman tentang bagaimana bersikap sebagai sahabat kepada teman-temannya dan kepada gurunya dalam bekerja bersama, belajar bersama untuk mencapai tujuan.


Materi Seni Teater Semester Ganjil dan Genap Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka


Terdapat empat unit pembelajaran seni Teater kelas 7, antara lain :
A. Unit 1 - Dasar Kreasi Laku Peran
1. Konsentrasi
2. Ingatan Emosi
3. Olah Tubuh Stamina
4. Olah Tubuh Keterampilan
5. Olah Tubuh Keseimbangan dan Kelenturan

B. Unit 2 - Ekspresi Dramatik
1. Menyuarakan Bunyi Bahasa
2. Ekspresi Makna
3. Senandika (Solilokui)
4. Mencipta Dialog

C. Unit 3 - Menulis Naskah Teater
1. Sumber Inspirasi
2. Alur Cerita (Plot)
3. Cerita Ringkas dan Tema
5. Menentukan dan Menata Adegan
5. Menulis Isi Cerita
6. Membaca Naskah

D. Unit 4 - Kreativitas Laku Pemeran
1. Motif Dan Gerak
2. Teknik Muncul Dan Pengembangan
3. Komposisi Di Atas Panggung


Bagi yang memerlukan Buku Seni Teater Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP, silahkan unduh pada tautan berikut :


Demikian informasi tentang Unduh Buku Seni Teater Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi seputar informasi terbaru dari Bank Soal.

Belum ada Komentar untuk "Unduh Buku Seni Teater Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel